Cara Mengatasi Token Listrik Melebihi KWH

Listrik Prabayar hadir untuk memberi kemudahan bagi masyarakat. Namun, terkadang ada kesulitan yang menghadang sehingga perlu mencari tahu cara mengatasi token listrik melebihi KWH. Hal ini kerap menimbulkan kesulitan bagi para pelanggan, terutama yang baru memakai listrik prabayar.

Baca Juga :  Cara Mengisi Token Listrik Tanpa Input, Bisa kah? Ini Caranya

Listrik Prabayar dihadirkan sebagai solusi bagi masyarakat yang kerap kali kesulitan mengatur penggunaan listrik. Pembelian token pun sangat mudah, karena bisa dilakukan di berbagai tempat. Bisa membeli di konter pulsa, minimarket, atau tempat-tempat lain yang bisa dijangkau dengan cepat.

Cara Mengatasi Token Listrik Melebihi KWH

Penyebab dan Cara Mengatasi Token Listrik Melebihi KWH

Sistem prabayar akan memungkinkan bagi pengguna untuk mengontrol penggunaan listrik menjadi lebih tepat dan hemat guna. Namun di antara berbagai kemudahan tersebut, ada juga kelemahan yang bisa merepotkan penggunanya. Terkadang token PLN mengalami permasalahan sehingga tidak bisa ditambahkan ke KWH.

Bisa dibayangkan betapa risihnya jika angka KWH sudah berada di limit terbawah, tetapi gagal menambahkan token. Tidak hanya alarm KWH yang berbunyi berisik, tetapi rumah pun terancam gelap gulita. Lalu bagaimana cara mengatasi token listrik melebihi KWH ini? Agar listrik bisa kembali digunakan.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Listrik Gratis dari Grounding, Apakah Anda Pernah Mencoba?

Ada beberapa hal yang membuat Anda gagal mengisi token listrik. Sehingga beberapa kali memasukkan kode sekalipun tetap akan ditolak. Berikut adalah beberapa penyebab pengisian token terus menerus gagal serta cara mengatasinya. 

1. Kesalahan pada ID Meter

Kode atau ID Meter pada listrik memiliki keunikan pada setiap unitnya. Token yang dibeli juga terhubung dengan ID tersebut. Jika salah memasukkan ID Meter, akibatnya kode token yang diterima pun akan bermasalah pula. Akibatnya KWH tidak bisa diisi token. 

2. Gangguan Server

Gangguan pada server juga bisa menimbulkan dampak yang serupa. Kode token akan gagal meski telah diinput berkali-kali. Jika ini yang terjadi, sebaiknya tunggu server kembali normal. Gangguan pada server umumnya berlangsung singkat, jadi bersabar saja menunggunya. 

3. Pemasangan Instalasi Listrik 

Pemasangan instalasi listrik yang tidak tepat juga bisa membuat token gagal ditambahkan. Namun, tidak hanya itu risiko yang dihadapi. Pemasangan yang asal-asalan juga bisa menyebabkan permasalahan serius. Sewaktu-waktu bisa saja terjadi konsleting yang berujung pada kebakaran. Sebaiknya hubungi petugas PLN untuk mengatasi masalah ini.

Baca Juga : Cara Memasukan Token Listrik Jika Gagal yang Aman dan Legal

4. Meteran Listrik Bermasalah

Sebelum mencari tahu cara mengatasi token listrik melebihi KWH, sebaiknya periksa dulu meteran listrik. Bisa saja meteran listrik yang bermasalah, ditandai dengan adanya tulisan “Periksa” atau “Cancel”. Jika muncul logo relay lepas, gambar telapak tangan terbuka, CTL, blocked dan meter mati yang terjadi, sebaiknya segera laporkan ke PLN agar bisa mendapat token.

5. Salah Memasukkan Token

Tidak hanya kesalahan ID Meter, kode token yang salah juga bisa membuat KWH gagal terisi. Tiga kali salah memasukkan kode juga membuat meteran listrik terblokir. Daripada terblokir, sebaiknya berhati-hati memasukkan kode agar tidak mengalami hal demikian.

6. KWH Over Limit

KWH memiliki batas bulanan sebagai upaya pemerintah untuk menerapkan hemat energi. Oleh karena itu, jika melebihi limit yang digunakan, token pun dimasukkan. Cara mengatasi token listrik melebihi KWH ini sebaiknya segera menghubungi PLN kembali agar listrik bisa segera digunakan.

Baca Juga : Alasan Mengapa Gagal Mengisi Token dan Cara Refund Token Listrik

Namun untuk menghindari kejadian tersebut, ada baiknya Anda mengetahui dengan pasti berapa KWH yang dapat dipakai setiap bulan. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa ID Meter yang diisi juga sudah tepat.

Demikian cara mengatasi token listrik melebihi KWH sehingga tidak bisa dimasukkan. Jika ingin membeli token listrik, Anda dapat bergabung dengan Digital Pulsa. Dengan demikian, Anda tidak hanya bisa membeli pulsa, tetapi juga dapat menjadikannya sebuah bisnis. 

0 Response to "Cara Mengatasi Token Listrik Melebihi KWH"

Posting Komentar