Cara Mengisi Token Listrik Tanpa Input, Bisa kah? Ini Caranya

PLN terus melakukan berbagai inovasi untuk memuaskan para pelanggan. Salah satunya dengan cara mengisi token listrik tanpa input, sehingga tidak lagi merepotkan pengguna. Namun, inovasi baru ini masih belum banyak diketahui.

Cara Mengisi Token Listrik Tanpa Input

Listrik merupakan sumber energi yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Baik berupa pekerjaan rumah, kantor, sekolah dan berbagai kegiatan lain yang membutuhkan listrik agar dapat beraktivitas dengan lancar. Berbagai perangkat elektronik juga membutuhkan asupan listrik supaya dapat beroperasi.

Baca Juga : Cara Mengisi Pulsa Listrik Murah Terbaru Dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengisi Token Listrik Tanpa Input Nomor, Ternyata Sangat Gampang 

Cara pengisian listrik menggunakan token juga tidak sulit. Pengguna juga dapat datang langsung ke konter pulsa yang menjual token listrik. Akan tetapi, bagi pengguna pertama lebih baik untuk membawa kartu identitas listrik prabayar. Pada kartu tersebut terdapat kode token listrik yang harus diisi. Namun ada juga cara mengisi token listrik tanpa input

Panduan Mengisi Token Listrik 

Untuk pengguna baru listrik prabayar, mengisi token mungkin terasa merepotkan. Namun setelah terbiasa, cara yang harus dilakukan cukup gampang. Meski begitu cara mengisi token listrik tanpa input masih menjadi pilihan pertama. Berikut langkah yang harus dilakukan. 

  1. Datang ke konter pulsa yang menjual token listrik 
  2. Beli Token sesuai dengan kebutuhan. 
  3. Anda akan mendapatkan 20 kode yang harus diinput ke meteran listrik. 
  4. Masukkan 20 kode tersebut ke meteran lalu akhiri dengan klik Enter. 
  5. Bila salah masukkan nomor, tekan Backspace. 
  6. Setelah kode yang dimasukkan semua dan menekan Enter, akan muncul tulisan Benar/ Accept. 
  7. Kalau sudah benar, jumlah KWH di MBH pun akan bertambah sesuai dengan token yang dibeli tadi. 
  8. Namun jika yang muncul tulisan Salah atau Reject, masukkan kembali kode tadi. 

Cara Mengisi Listrik Prabayar Tanpa Input

PLN pun memahami kondisi pengguna yang terkadang berhalangan sehingga tidak bisa menginput kode secara langsung. Kenyataan ini pula yang membuat PLN berinisiatif membuat cara mengisi token listrik tanpa input.

Inovasi ini diadakan khusus untuk pengguna listrik prabayar di atas 2.200 VA, agar lebih mudah melakukan pengisian listrik. Meter listrik pintar komunikasi dua arah (MLPKDA) ini bagian dari upaya meningkatkan layanan bagi pengguna listrik.

Pengisian listrik secara manual dapat tidak lagi perlu dilakukan. Pengguna cukup mendaftarkan nomor handphone ke PLN ketika melakukan pemasangan baru. Nomor itulah yang nantinya akan terhubung meteran listrik. 

Jadi ketika meteran listrik mulai berkurang, pengguna cukup menyebutkan nomor handphone yang terdaftar. Secara otomatis, meteran listrik akan terisi tanpa repot melakukan input kode secara manual lagi. Cara mengisi token listrik tanpa input sementara ini masih menjadi pilot project, jadi belum diketahui secara pasti kapan akan dioperasikan untuk listrik rumah tangga. 

Baca Juga  : Alasan Mengapa Gagal Mengisi Token dan Cara Refund Token Listrik

Listrik Token untuk Konsumsi Listrik Lebih Hemat

Pihak PLN mulai menerapkan penggunaan listrik prabayar atau token untuk membantu masyarakat lebih hemat dalam menggunakan listrik. Masyarakat dapat mengontrol sendiri penggunaan listrik sehingga tidak terlalu boros. Meteran listrik harus selalu dicek secara berkala, untuk mengantisipasi meteran habis dan listrik tak bisa digunakan. Cara mengisi listrik tanpa input juga menjadi alternatif.

Pada masa kini, penjual token listrik dapat ditemukan di banyak tempat. Sehingga Anda tidak lagi kesulitan ketika hampir kehabisan meteran listrik. Meski begitu, harga yang ditawarkan juga cukup bersaing, Anda hanya harus lebih jeli saat membelinya.

Sementara menunggu cara mengisi token listrik tanpa input ini direalisasikan untuk listrik rumah tangga. Anda bisa membeli langsung token listrik di Digital Pulsa. Harga yang diterima pun akan lebih murah jika bergabung menjadi agen pulsa di Digital Pulsa.