Panduan

Alasan Mengapa Gagal Mengisi Token dan Cara Refund Token Listrik

Saat ini, sudah semakin banyak orang menggunakan listrik prabayar atau token untuk membayar layanan PLN. Sistem ini dinilai cukup efektif mengatur pengeluaran untuk listrik sehingga dapat menjadi lebih hemat. Namun, kadang ada kendala ketika mengisikan pulsa ke meteran sehingga menyebabkan pengisian gagal. Ketika hal ini terjadi, banyak yang beranggapan bahwa token dapat diuangkan kembali, kemudian mencari cara refund token listrik. Sebelum meminta refund ke agen pulsa, sebaiknya ketahui dulu penyebab gagalnya pengisian token listrik dan cara mengatasinya.

Alasan Mengapa Gagal Mengisi Token dan Cara Refund Token Listrik


Penyebab Kegagalan Mengisi Token Listrik

Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan token listrik tidak dapat diisikan. Mulai dari gangguan server, masalah pada meteran, hingga kesalahan memasukkan kode. Berikut uraian lengkapnya.

1. Gangguan pada Server PLN

Setiap meteran digital dari PLN dilengkapi dengan ID dan nomor meteran unik yang terhubung dengan server PLN. Kadang, server pun mengalami gangguan sehingga pengisian tidak berhasil. Cobalah tunggu beberapa menit sebelum memasukkan kembali token ke meteran. Pastikan token yang Anda beli terhubung ke ID meter yang benar. 

2. Meteran Terblokir 

Ketika memasukkan kode, Anda harus berhati-hati karena ketika terjadi kesalahan hingga tiga kali, meteran akan terblokir. Perhatikan kode pada struk dengan baik dan jangan sampai salah memasukkan kode. Jika meteran terblokir, segera hubungi PLN terdekat untuk diperbaiki. 

3. Permasalahan pada Meteran

Periksalah layar meteran, jika muncul tulisan Blocked, Periksa, Cancel, atau simbol telapak tangan bahkan meteran mati, sebaiknya hubungi PLN. Pasalnya, ketika meteran bermasalah Anda tidak akan dapat mengisi token.

4. Kesalahan pada Instalasi Listrik

Kesalahan pemasangan instalasi listrik bisa mengakibatkan berbagai masalah termasuk kegagalan mengisi token. Jika mencurigai hal ini terjadi, segera hubungi petugas PLN untuk memeriksa kabel, pemasangan grounding, bagian-bagian instalasi listrik lainnya. Karena bagian ini sangat berbahaya, maka disarankan Anda tidak memeriksanya sendiri tanpa keterampilan yang mencukupi.

5. Sudah Melebihi Batas Kuota

Mengisi token listrik ada batasan kuotanya untuk satu bulan. Jadi, ketika angka KWh sudah melebihi batas, token tidak dapat diisikan. PLN memang memberikan pembatasan ini agar pelanggan dapat lebih hemat dalam menggunakan listrik. Jadi, pastikan Anda tetap bijak dalam menggunakan peralatan elektronik dan penerangan di rumah agar jatah bulanan tidak sampai habis.

Cara Refund Token Listrik

Ketika tidak berhasil mengisikan token ke meteran listrik, jangan terburu-buru mencari cara refund token listrik dan ingin mengembalikannya. Cobalah tekan 00 + Enter pada meteran untuk me-reset meter jika terdapat kesalahan dari input sebelumnya. Kemudian, tunggu hingga proses reset selesai. Setelah itu masukkan kembali token ke meteran. Jika tidak berhasil juga, hubungi petugas PLN terdekat. Jangan mencoba mengotak-atik meteran sendiri untuk menghindari kerusakan pada meter listrik Anda.

Bersama Digital Pulsa, Anda memiliki peluang sukses berjualan token listrik PLN karena harga yang ditawarkan lebih murah sehingga bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak. Selain berjualan token listrik, Anda pun dapat menjual pulsa, paket internet, voucher game dan melayani pembayaran tagihan. Selain itu, masih banyak lagi keuntungan menjadi agen pulsa Digital Pulsa seperti pendaftaran gratis, deposit minimal rendah, dan mendapatkan fasilitas promosi. 

Perlu diperhatikan, pada dasarnya transaksi yang diterima server tidak dapat dibatalkan karena diproses secara otomatis. Jadi, untuk cara refund token listrik di Digital Pulsa, Anda harus menghubungi customer service terlebih dahulu untuk membantu Anda menyelesaikan masalah ini. 

0 Response to "Alasan Mengapa Gagal Mengisi Token dan Cara Refund Token Listrik"

Posting Komentar