Cara Mendapat Kode Untuk Menghidupkan Listrik Token

Pelanggan PLN tentu harus tahu bahwa ada kode untuk menghidupkan listrik prabayar. Sistem prabayar yang diterapkan pada hampir setiap pelanggan baru PLN sejak beberapa tahun lalu membuat perubahan sistem pembayaran. Jika sebelumnya pelanggan harus membayar di loket tagihan listriknya selama sebulan terakhir, kini tidak lagi.

Cara Mendapat Kode Untuk Menghidupkan Listrik Token,  kode meteran listrik token, kode listrik mati tapi meteran nyala, cek tegangan listrik token, cara los meteran listrik pulsa, kode meteran listrik smart, kode token listrik gratis, kode token listrik gagal, arti angka di meteran listrik pulsa, Digital Pulsa

Pelanggan cukup pergi ke konter penjual pulsa elektrik yang banyak tersedia di sekitar pemukiman. Biasanya, selain menjual pulsa elektrik mereka juga menjual koin gim, saldo e-wallet, e-money, juga token listrik. Pola penjualan token listrik melalui pedagang pulsa memungkinkan siapa pun dapat membeli dengan nominal sesuai kemampuan mereka.


Nominal Token

Saat ini kode untuk menghidupkan listrik token tersedia dalam berbagai nominal. Paling murah adalah token seharga Rp20.000 dan paling mahal senilai Rp5.000.000. Pelanggan bisa membeli nominal token listrik sesuai kebutuhan dan kemampuan finansialnya, selama tidak melebihi limit maksimal pembelian.

Pembelian token listrik harus menyertakan ID pelanggan yang terdiri dari 12 digit. Angka ini terdapat pada bagian bawah barcode yang ditempel pada meteran listrik. Dengan mendaftarkan ID Pelanggan saat membeli token, sistem PLN akan mendeteksi seberapa besar penggunaan listrik pada ID tersebut. 

Kontrol penggunaan tersebut dilakukan karena adanya batas maksimal penggunaan per bulan. Pelanggan PLN saat ini dibagi ke beberapa golongan sesuai daya dan tujuan pemasangan rekening listrik. Ada kode meteran listrik token untuk rumah tangga, ada juga yang khusus digunakan sebagai usaha. Tarif setiap golongan berbeda, menyesuaikan dengan daftar penerima subsidi.

Oleh karena itu, kode untuk menghidupkan listrik token yang diperoleh saat pembelian tidak selalu sama besaran kWh yang diperoleh. Semakin besar daya listrik yang terdaftar di data pelanggan tersebut, semakin mahal karena tidak adanya subsidi pemerintah akan harga token. 


Kode Listrik Token

Saat membeli kode meteran listrik smart, Anda akan mendapat 20 digit angka yang harus diinput ke meteran segera. Kode token itulah yang akan membuat aliran listrik ke rumah atau tempat usaha pelanggan kembali mengalir lancar. Tanpa token tersebut, setelah habis meteran akan melakukan penghentian otomatis aliran listrik dari PLN.


Harus 20 Digit Tepat

Perlu Anda ketahui bahwa kode untuk menghidupkan listrik token terdiri dari 20 digit yang harus dimasukkan dengan tepat. Tidak boleh ada satupun kesalahan angka saat menekan tombol. Ingat, untuk spasi tidak perlu dimasukkan karena sistem meteran akan memisah setiap 4 angka secara otomatis.


Tidak Kedaluwarsa

Jika Anda membeli token dan lupa untuk memasukkannya di hari yang sama, tidak perlu khawatir. Kode token listrik yang 20 digit tersebut tidak akan kedaluwarsa sehingga tidak memiliki batas waktu sebelum dimasukkan. Anda bisa memasukkan kode tersebut seminggu atau sebulan setelah pembelian, selama kode masih tersimpan dan dapat terbaca jelas.


Beda Konter Beda Harga

Selain memiliki keistimewaan tidak adanya kedaluwarsa dari token listrik PLN, kode ini dapat Anda beli dengan harga berbeda meskipun nominalnya sama. Di satu tempat Anda bisa membelinya dengan diskon seharga Rp18.000 untuk token seharga Rp20.000, di tempat lain bisa jadi harganya adalah Rp21.000.

Perbedaan harga token disebabkan oleh penjual yang berbeda agen. Setiap agen penjualan berhak memberikan diskon, menawarkan harga murah, dan strategi lain untuk memenangkan persaingan bisnis. 

Untuk mendapat harga pembelian kode untuk menghidupkan listrik token murah, Anda bisa mendaftar dan membeli di Digital Pulsa. Selain bisa mengisi token listrik pribadi, Anda bisa menjadikannya sebagai usaha sampingan untuk memperoleh pendapatan tambahan di luar pekerjaan inti.