5 Penyebab Meteran Listrik Nyala Tapi Lampu Mati dan Cara Mengatasinya

Dalam kondisi tertentu, mungkin terjadi meteran listrik nyala tapi lampu mati. Anda melihat bahwa meteran tidak bermasalah karena lampu indikatornya menyala, sementara di dalam rumah lampu dan alat elektronik tidak mendapat aliran listrik sehingga semua mati.

5 Penyebab Meteran Listrik Nyala Tapi Lampu Mati dan Cara Mengatasinya

Bagaimana cara menghidupkan listrik token yang mati? Kondisi ini mungkin terjadi jika ada gangguan atau sesuatu yang menghalangi aliran listrik dari kabel PLN ke dalam rumah. Gangguan tersebut mungkin terjadi antara tiang PLN dengan meteran, atau dari meteran ke seluruh perangkat elektronik di rumah. Anda perlu memastikan penyebab listrik mati tapi meteran tidak turun sebelum menghubungi pihak terkait yang akan mengatasi masalah ini. 


Penyebab Meteran Listrik Nyala Tapi Lampu Mati

Berdasarkan pengalaman di lapangan, fenomena meteran listrik nyala tapi lampu mati sangat mungkin terjadi akibat 3 masalah. Pertama masalah pada kabel twist, kedua pada meteran listrik atau pada pulsanya. Berikut penjelasan singkat dari setiap masalah yang mungkin terjadi:


Masalah Kabel Twist

Kabel twist adalah kabel yang mengalirkan listrik dari kabel utama di tiang listrik tepi jalan ke rumah. Jika kondisi kabel ini sudah tua, keropos, atau kendur, sangat mungkin aliran listriknya terganggu dan perlu diganti. Untuk membuktikan sumber masalah berasal dari kabel twist, cek apakah tetangga mengalami masalah yaitu listrik pulsa mati tapi meteran nyala atau tidak. 

Jika hanya rumah Anda yang listriknya mati sementara meteran masih menyala, maka itu pertanda ada masalah dalam aliran listrik dari tiang PLN ke rumah. Untuk mengatasi meteran listrik nyala tapi lampu mati yang disebabkan oleh gangguan kabel twist, Anda harus menghubungi PLN agar mereka mengirim petugas ke lokasi.


Masalah Meteran

Selain masalah kabel, ciri ciri meteran listrik rusak juga bisa menjadi penyebab utama listrik tidak dapat mengalir dengan baik ke perangkat elektronik di rumah. Beberapa masalah yang bisa muncul di meteran pertama adalah Fuse Box yang putus di kotak sekring. Hal ini disebabkan oleh beratnya beban yang harus ditanggung oleh meteran. 

Kedua, kWh meter yang tidak terhubung dengan baik ke MCB menjadi penyebab meteran listrik mati. Sambungan yang tidak sempurna ini bisa menyebabkan kebakaran di kabel kWh dan MCB. Anda tidak diperkenankan mengatasi sendiri masalah ini dan biarkan petugas PLN menyelesaikan berdasarkan laporan yang sudah masuk.

Ketiga, bisa jadi ada masalah pada jalur instalasi kabel, terutama jika menggunakan kabel fiber. Jika hal ini terjadi, hanya sebagian lampu yang mati dan sebagian lain yang jaringannya tidak terganggu akan tetap menyala. Anda bisa memeriksa sendiri tanpa melibatkan petugas PLN untuk mengatasi masalah ini. Pastikan meteran dalam keadaan mati sementara.

Pada prinsipnya, petugas PLN akan melakukan perbaikan pada gangguan listrik yang terjadi pada instalasi di bawah tanggung jawab mereka. Misalnya gangguan aliran dari tiang PLN ke meteran, atau masalah pada meteran. Sementara jika kerusakan terjadi di jaringan kabel pelanggan, bisa diselesaikan secara mandiri.


Pulsa Listrik Habis

Masalah sederhana yang mungkin tidak disadari saat terjadi meteran listrik nyala tapi lampu mati adalah habisnya pulsa. Seharusnya ada alarm yang menyala saat stok pulsa mulai menipis. Akan tetapi jika alarm dimatikan, maka hal seperti ini mungkin terjadi tanpa disadari. Simak perbedaan mati lampu dan token habis agar tidak bingung.


Cara mengatasi meteran listrik mati total, Anda bisa membeli token listrik di konter pulsa terdekat. Atau jika ingin lebih praktis dan bisa digunakan juga untuk mengisi pulsa telepon, Anda bisa mendaftar di Digital Pulsa. Setelah pendaftaran sukses dan mengisi deposit, bisa digunakan untuk mengisi token listrik, pulsa, dan produk lainnya sewaktu-waktu. 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

CARA DAFTAR

SILAKAN KETIK
DIGITAL#NAMA#KOTA

CONTOH:
DIGITAL#KIOS PULSA#BANDUNG

Kіrіm SMS / WHATSAPP kе CENTER Kami Dі bаwаh Inі

SMS Center

WhatsApp Center

Catatan: Jika Center lаіn tіdаk rеѕроn, silakan ulangi trаnѕаkѕі Andа dan kirim Kеmbаlі kе SMS CENTER yang lain.

Ketik: CENTER

Lewat SMS/WA Lalu kіrіm kе ѕаlа ѕаtu Nоmоr ѕmѕ сеntеr kami dі аtаѕ untuk mеngеtаhuі Nоmоr SMS CENTER уаng aktif.

Telegram Center

REKENING DEPOSIT

Deposit Open Setiap Hаrі Mulаі Pukul 06.00 - 22.00 WIB

BCA
125-0050-015

A/N :
CV. DIGITAL PAYMENT ONLINE

BNI
125-0050-015

A/N : TRI CHRISTIYADI

MANDIRI
171-000-6109-006

A/N : TRI CHRISTIYADI

BANK BRI
004-901-001-072-567

A/N :
CV. DIGITAL PAYMENT ONLINE