Kenapa Meteran Listrik Mati Tapi Lampu Nyala, Kenali Penyebabnya

Kenapa meteran listrik mati tapi lampu nyala merupakan situasi yang jarang terjadi namun bisa membuat bingung para pelanggan PLN. Kondisi ini biasanya muncul dengan tiba-tiba tanpa adanya indikator apa pun di display atau di lampu. 


Meteran yang mati ini tentu menyebabkan kekhawatiran para pelanggan. Selain tidak dapat mengetahui angka meter, kondisi ini juga bisa saja menjadi tanda adanya kerusakan di dalam meteran tersebut.

Kenapa Meteran Listrik Mati Tapi Lampu Nyala, Kenali Penyebabnya - Digital Pulsa Murah

Penyebab Kenapa Meteran Listrik Mati Tapi Lampu Nyala

Meteran listrik adalah perangkat yang sangat penting dalam pengelolaan konsumsi energi di rumah tangga. Namun, ada kalanya terdapat situasi di mana meteran listrik mati tapi listrik tetap menyala. Fenomena ini bisa membingungkan dan menimbulkan kekhawatiran. 


Berikut adalah beberapa penyebab umum dan penjelasan mengenai situasi tersebut.


Masalah pada Display Meteran

Salah satu penyebab utama meteran listrik mati adalah kerusakan pada layar atau display meteran. Dalam beberapa kasus, layar bisa mengalami kerusakan teknis atau masalah mekanis yang menyebabkan tampilan mati. 


Namun meskipun demikian, fungsi pengukuran dan penyaluran listrik tetap berjalan normal. Hal ini berarti listrik masih dapat mengalir ke rumah meskipun layar meteran tidak menampilkan informasi apa pun.


Baterai Internal Meteran Lemah

Beberapa jenis meteran listrik dilengkapi dengan baterai internal yang memiliki fungsi untuk menopang tampilan dan fitur tertentu. Apabila baterai ini melemah atau habis akan menjadi alasan kenapa meteran listrik mati tapi lampu nyala


Biasanya, meteran listrik jenis ini akan menunjukkan tanda-tanda baterai lemah sebelum akhirnya mati total. Namun, termasuk sangat jarang meteran jenis ini. Kebanyakan yang beredar, dayanya jadi satu dengan aliran listrik utama, tanpa penggunaan baterai.


Gangguan pada Kabel atau Konektor

Kabel atau konektor yang menghubungkan meteran listrik ke sumber daya utama atau ke sistem monitoring bisa mengalami kerusakan atau terlepas. Gangguan pada sambungan ini bisa menyebabkan tampilan meteran mati. Meskipun demikian, aliran listrik ke rumah tetap berjalan normal karena kabel utama yang menyalurkan listrik masih berfungsi dengan baik. 


Jika terdeteksi ada kabel yang rusak atau lepas, sebaiknya segera laporkan kepada pihak terkait. Sehingga bisa dilakukan perbaikan secepat mungkin. Sebab, kondisi kabel ini bisa menyebabkan kerusakan yang lebih serius.


Overload atau Gangguan Sementara

Lonjakan tegangan atau gangguan listrik sementara bisa mempengaruhi tampilan meteran listrik. Meteran mungkin mengalami "hang" atau mati sementara akibat overload listrik. Namun, meski demikian aliran listrik ke rumah tetap tidak terganggu. 


Biasanya, masalah ini bisa diatasi dengan melakukan reset pada meteran listrik. Meskipun lonjakan tegangan hanya bersifat sementara, namun sebaiknya lakukan pengecekan secara menyeluruh. Hal ini untuk mengantisipasi adanya instalasi kabel yang rusak akibat dari arus berlebih tersebut.


Masalah Internal pada Meteran

Kenapa meteran listrik mati tapi lampu nyala? Ada kemungkinan komponen internal dalam meteran mengalami kerusakan atau kegagalan fungsi. Misalnya, sirkuit elektronik yang mengendalikan tampilan mungkin rusak, tetapi komponen yang mengukur dan menyalurkan listrik masih berfungsi dengan baik. 


Kerusakan internal semacam ini memerlukan perbaikan atau penggantian meteran oleh teknisi profesional. Sebaiknya lakukan aduan kepada pihak terkait yaitu PLN. Nantinya jika memang terdeteksi rusak, PLN akan melakukan penggantian unit meteran baru.


Langkah Mengatasi Masalah Meteran Mati Listrik Tetap Menyala

Jika menghadapi situasi di mana listrik nyala namun meteran tidak menampilkan apa pun, bisa lakukan tindakan awal untuk meminimalisir gangguan. Pertama periksa listrik rumah secara menyeluruh. Kemudian periksa secara visual alat meteran dan kebal yang terlihat saja. Selanjutnya, hubungi pihak PLN sesegera mungkin untuk mendapatkan bantuan.


Itulah beberapa penyebab meteran listrik mati tapi lampu nyala yang kadang bisa saja terjadi secara tiba-tiba. Meskipun tampak sepele, kondisi ini perlu penanganan yang serius dari pihak profesional. Sebab, meteran listrik yang mati tentu akan mengganggu pelanggan karena tidak bisa melihat angka dan indikator ketika ada suatu peringatan.


Jadi, terdapat beberapa faktor penyebab kenapa meteran listrik mati tapi lampu nyala. Sebagai informasi, apabila Anda tertarik untuk mendapatkan token listrik dengan harga murah dan ingin menjalankan bisnis berjualan token listrik, Anda dapat mendaftar sebagai master dealer di Digital Pulsa. Sebagai master dealer, Anda akan mendapatkan akses ke harga token listrik, pulsa, dan kuota internet yang lebih rendah, dan harga tersebut selalu diperbarui setiap hari. Jangan ragu untuk bergabung dengan Digital Pulsa dan nikmati keuntungannya!


Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

CARA DAFTAR

SILAKAN KETIK
DIGITAL#NAMA#KOTA

CONTOH:
DIGITAL#KIOS PULSA#BANDUNG

Kіrіm SMS / WHATSAPP kе CENTER Kami Dі bаwаh Inі

SMS Center

WhatsApp Center

Catatan: Jika Center lаіn tіdаk rеѕроn, silakan ulangi trаnѕаkѕі Andа dan kirim Kеmbаlі kе SMS CENTER yang lain.

Ketik: CENTER

Lewat SMS/WA Lalu kіrіm kе ѕаlа ѕаtu Nоmоr ѕmѕ сеntеr kami dі аtаѕ untuk mеngеtаhuі Nоmоr SMS CENTER уаng aktif.

Telegram Center

REKENING DEPOSIT

Deposit Open Setiap Hаrі Mulаі Pukul 06.00 - 22.00 WIB

BCA
125-0050-015

A/N :
CV. DIGITAL PAYMENT ONLINE

BNI
125-0050-015

A/N : TRI CHRISTIYADI

MANDIRI
171-000-6109-006

A/N : TRI CHRISTIYADI

BANK BRI
004-901-001-072-567

A/N :
CV. DIGITAL PAYMENT ONLINE