Simak Perbedaan Mati Lampu dan Token Habis, Agar Tidak Bingung!

Listrik menjadi sumber daya kehidupan manusia, tidak adanya listrik maka kegiatan apa saja tidak bisa dikerjakan terutama hal berkaitan dengan tekanan listrik. Perbedaan mati lampu dan token habis ini sering tidak dipahami oleh semua orang. Terutama bagi pengguna listrik Prabayar pemula.

Digital Pulsa, Simak Perbedaan Mati Lampu dan Token Habis, Agar Tidak Bingung!


Inilah Perbedaan Mati Lampu Dan Token Habis Yang Perlu Diketahui

Apa sih perbedaan mati lampu dan token habis? Tanda-tanda dari keadaan kedua kendala ini sangatlah beda dan jauh berbeda lagi. Sekarang ini memang banyak orang menggunakan listrik Prabayar atau listrik pintar. Hal ini karena bisa digunakan setelah melakukan pengisian daya pulsa atau token listrik.

Selanjutnya pengguna akan bisa menikmati semua fasilitas yang ditarik oleh PLN. Kendala atau masalah lampu padam memang ada dua hal yaitu karaen malah aliran listrik di rumah atau masalah dari PLN, serta kehabisan token.

Namun kebanyakan orang, mengira jika lampu padam karena token listrik habis. Padahal kendala seperti ini bisa dibedakan lho. Langsung saja, agar tidak bingung pahami perbedaannya dibawah ini.


Tanda Token Listrik Habis

Untuk token listrik habis sama sekali tidak dapat digunakan seperti menyalakan lampu, untuk memasak nasi, menyalakan TV, dan lainnya. Maka hal tersebut sudah dipastikan pulsa listrik sudah habis total. Untuk tanda awal sebelum listrik habis total yakni adanya bunyi alarm pada meteran listrik.

Selain itu warna pada bargainser juga akan warna merah yang sebelumnya berkedip warna hijau. Hal itu juga menandakan pulsa akan habis. Token listrik akan berbunyi jika dibawah 20 KWH. Jika merubah KWH tertentu juga bisa dilakukan dengan mudah. Itu tadi tanda-tanda token listrik habis berbeda dengan tanda-tanda atau penyebab mati lampu.


Penyebab Mati Lampu Atau Listrik

Untuk perbedaan mati lampu dan token habis berbeda sekali, Jika mati lampu disebabkan oleh banyak hal. Namun untuk token listrik habis hanya daya pulsa di dalam listrik tersebut sudah menurun sehingga akan menyebabkan mati lampu atau jaringan listrik lainnya.

Untuk mati lampu sendiri disebabkan oleh banyak hal. Mati lampu ini akan membuat aktivitas terkendala, karena tidak bisa langsung untuk dibenahi. Jika ingin membenahi membutuhkan waktu lama. Tapi untuk token hanya diisi pulsa ulang langsung listrik nyala. Nah, berikut beberapa tanda dan penyebab mati lampu berbeda dengan token habis.

  • Pemadam listrik
  • Peningkatan daya listrik yang mendadak. Hal ini terjadi ketika PLN sedang melakukan perawatan dan pemeliharan alat listrik
  • Penggunaan listrik tinggi
  • Terjadinya konsleting pada listrik
  • Guncangan bencana alam, mulai hujan deras, petir, atau bahkan badai angin topan, banjir dan lainnya
  • Kabel listrik tersangkut benda
  • Power SAG
  • Electrical Line Noise atau kondisi terjadi saat rumah adanya penurunan pasokan daya listrik secara mendadak 
  • Gardu pemasok listrik rusak
  • Proyek galian tanah

Listrik atau lampu padam dan token habis sudah berbeda sangat. Lampu mati disebabkan oleh banyak hal terjadi atau kondisi. Sedangkan untuk token habis hanya karena pulsa pada listrik kurang atau menurun. Sehingga jika kalau tidak diisi ulang maka akan mengalami padam listrik atau bahkan aktivitas yang menggunakan saluran listrik apa saja terganggu.


Jadi itu tadi beberapa cara untuk perbedaan mati lampu dan token habis perlu Anda ketahui. Jangan terlalu panik atau bahkan marah ya, apabila listrik padam hanya token habis. Namun jika listrik padam semua di desa itu bukan karena token habis, melainkan adanya suatu kendala.