Cara Menghidupkan Listrik Token yang Mati

Terlepas dari berbagai masalah hidup yang datang silih berganti, gangguan kecil semacam mati listrik bisa menjadi drama tersendiri jika tidak diatasi dengan baik. Jika mati listrik terjadi pada siang hari mungkin tidak banyak kepanikan yang terjadi. Berbeda saat malam hari tiba-tiba listrik padam, bagaimana cara menghidupkan listrik token yang mati?

Listrik token yang mati ditandai dengan padamnya meteran dan seluruh alat elektronik di rumah. Bisa juga dengan matinya semua alat elektronik sementara meteran masih tetap menyala. Ada beberapa kemungkinan penyebab terjadinya mati listrik saat malam hari. Anda perlu waspada karena listrik padam seharusnya bisa dicegah, atau merupakan tanda bahaya.

Cara Menghidupkan Listrik Token yang Mati


Dampak Listrik Padam

Dalam kehidupan masyarakat yang serba dinamis kita perlu sadari bahwa hidup ini tidak selamanya berjalan sesuai rencana. Ada banyak kejutan yang terjadi dan sebagian menjadi masalah besar jika tidak diatasi dengan baik. Seperti halnya ketika listrik padam, yang bisa menjadi bencana sekaligus anugerah pada satu waktu.

Padamnya listrik bisa menjadi bencana ketika terjadi tiba-tiba sementara alat elektronik sedang bekerja. Otomatis ada banyak hal yang harus dikorbankan dengan ketiadaan energi listrik. Gelap, kerusakan alat elektronik, dan mungkin juga kacaunya usaha. Di saat demikian, Anda mungkin berpikir keras bagaimana cara menghidupkan listrik token yang mati.

Apalagi ada kemungkinan tindak kejahatan terjadi saat listrik padam di malam hari. Sementara untuk memperbaikinya pasti butuh tenaga khusus dan penerangan yang cukup. Penyebab masalah listrik juga harus dipastikan sebelum mengambil tindakan yang tepat.


Menghidupkan Listrik Token Yang Mati

Lalu bagaimana cara menghidupkan listrik token yang mati saat malam hari? Langkah pertama yang harus Anda ambil adalah jangan panik. Pastikan alat elektronik aman dengan mencabutnya dari stop kontak. Jangan biarkan kulkas, dispenser, atau kompor listrik tetap tersambung ke stop kontak sementara semua lampu padam di malam hari. 

Selanjutnya, Anda perlu memastikan penyebab padamnya lampu di rumah. Jika kondisi malam itu memungkinkan untuk menunggu sampai pagi, maka tidak masalah membiarkan rumah dalam keadaan gelap selama beberapa jam. Akan tetapi jika tidak, ada 4 hal yang harus Anda pastikan, yaitu:


1. Cek Meteran

Setelah memastikan semua alat elektronik aman dan tidak tersambung ke aliran listrik utama, Anda perlu mengecek meteran. Jika meteran dalam keadaan menyala normal dan tidak ada yang menurunkan tombol MCB ke keadaan OFF, maka Anda harus memastikan poin ke dua dan tiga di bawah ini. 

Berbeda masalahnya jika meteran dalam keadaan mati total, maka Anda harus mengecek apakah tetangga mengalami hal yang sama. Pastikan juga meteran dalam keadaan baik, tersambung dengan MCB dan tidak ada hal aneh dari biasanya. Anda juga harus memastikan kabel yang menyalurkan listrik dari tiang PLN ke rumah dalam keadaan baik.


2. Cek Pulsa

Bagaimana cara menghidupkan listrik token yang mati menggunakan pulsa? Jika memang pulsa listrik habis maka Anda harus membeli dan mengisi ulang. Anda mungkin tidak bisa membelinya di malam hari karena tidak ada penjual, namun bisa melakukannya keesokan harinya.


3. Cek Beban Daya

Listrik akan mati jika daya yang digunakan melebihi batas maksimum penggunaan. Untuk mengatasinya pastikan Anda mengurangi beban listrik dari alat elektronik yang terpasang sebelum menyalakannya kembali.

Untuk mengurangi risiko di poin kedua dan mendapatkan cara praktis bagaimana cara menghidupkan listrik token yang mati, Anda bisa bergabung dengan Digital Pulsa. Menjadi agen pulsa memungkinkan Anda melakukan transaksi 24 jam. Akan tetapi jika masalahnya adalah kerusakan instalasi listrik, silakan hubungi PLN sesegera mungkin.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

CARA DAFTAR

SILAKAN KETIK
DIGITAL#NAMA#KOTA

CONTOH:
DIGITAL#KIOS PULSA#BANDUNG

Kіrіm SMS / WHATSAPP kе CENTER Kami Dі bаwаh Inі

SMS Center

WhatsApp Center

Catatan: Jika Center lаіn tіdаk rеѕроn, silakan ulangi trаnѕаkѕі Andа dan kirim Kеmbаlі kе SMS CENTER yang lain.

Ketik: CENTER

Lewat SMS/WA Lalu kіrіm kе ѕаlа ѕаtu Nоmоr ѕmѕ сеntеr kami dі аtаѕ untuk mеngеtаhuі Nоmоr SMS CENTER уаng aktif.

Telegram Center

REKENING DEPOSIT

Deposit Open Setiap Hаrі Mulаі Pukul 06.00 - 22.00 WIB

BCA
125-0050-015

A/N :
CV. DIGITAL PAYMENT ONLINE

BNI
125-0050-015

A/N : TRI CHRISTIYADI

MANDIRI
171-000-6109-006

A/N : TRI CHRISTIYADI

BANK BRI
004-901-001-072-567

A/N :
CV. DIGITAL PAYMENT ONLINE