Cara Mendapatkan Pemasangan Listrik Gratis dari Pemerintah

Cara mendapatkan pemasangan listrik gratis menggunakan syarat tidak mampu ternyata sangat mudah untuk dilakukan. Proyek baksos ini sudah ada di berbagai desa dan kecamatan untuk membantu masyarakat kurang mampu mendapatkan listrik gratis.

Sejak awal Corona, kondisi setiap desa semakin senyap, para warga yang hanya bekerja sebagai petani tidak bisa mendapatkan penghasilan lebih. Hasilnya banyak warga yang tidak membayar keperluan listrik rumahnya.

Karena hal ini, pemerintah mulai mengeluarkan baksos untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan pasokan listrik gratis. Jika Anda ingin mendapatkan listrik gratis bisa mengikuti cara yang akan kami berikan.

Digital Pulsa Data, Cara Mendapatkan Pemasangan Listrik Gratis dari Pemerintah


Berikut Ini Cara Mendapatkan Pemasangan Listrik Gratis

Sejak adanya virus Covid-19 banyak masyarakat yang merugi, pemerintah mulai menerapkan larangan berkerumun yang membuat para pedagang kecil mulai gulung tikar. Selain itu, warga pedesaan juga mulai khawatir dengan pendapatan mereka yang kian menurun.

Akibatnya beberapa keperluan penting yang seharusnya bisa dipenuhi alat jadi hambatan tersendiri bagi keluarga mereka. Keluhan mulai muncul, seperti tidak bisa membayar biaya sekolah anak, hingga membayar kebutuhan listrik.

Baca Juga : Cara Memindahkan Pulsa Listrik ke Meteran Lain

Karena hal tersebut pemerintah mulai mengeluarkan baksos untuk memudahkan para rakyat tidak mampu mendapatkan pasokan listrik gratis. Tidak tanggung-tanggung, pelanggan listrik 450 VA akan digratiskan, dan untuk 900 VA akan mendapatkan potongan sebesar 50%.

Kini fokus pemerintah hanya para masyarakat yang benar-benar kurang mampu saja. Hal ini karena mempertimbangkan kondisi keuangan negara. Meski begitu, program ini bisa diterima dengan baik oleh warga karena dapat membantu perekonomian keluarga menjadi sedikit dientengkan.

Apalagi subsidi ini memiliki sistem rata, jadi yang belum pernah mendapatkan, bisa mendapatkannya juga. Jadi jika masih belum kebagian, maka bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan listrik gratis dari pemerintah.

Cara mendapatkan pemasangan listrik gratis ini juga mudah, masyarakat hanya perlu melengkapi formulir pengaduan kepesertaan subsidi listrik untuk rumah tangga yang terlampir di desa/kelurahan setempat.

Begini Cara Mendapatkan Pemasangan Listrik Gratis

Mendaftarkan formulir pengaduan.

Pengaduan nantinya akan diseleksi oleh petugas kecamatan, ke tim posko penanganan pengaduan surat melalui web.subsidi.dik.esdm.go.id.

Selain menggunakan dua langkah tersebut, untuk mendapatkan listrik gratis kini bisa dilakukan dengan lebih mudah melalui aplikasi Peduli. Aplikasi ini bisa diakses dengan mudah melalui smartphone, dan sudah bisa diunduh melalui Play Store.

Adanya aplikasi ini juga sangat membantu masyarakat dan pemerintah, karena pengaduan bisa dilakukan dengan mandiri, efisien waktu, dan tempat. Dalam aplikasi tersebut ada banyak fitur yang akan memudahkan dalam proses pengajuan pendaftaran.

Untuk melakukan pengaduan masyarakat hanya perlu mengisi profil pada aplikasi. Setelah itu, isi formulir lengkap meliputi identitas pelapor, kepemilikan listrik, daftar angota rumah, dan kepemilikan kartu sosial.

Kehadiran aplikasi ini juga sangat diapresiasi oleh masyarakat. Pengisian formulir juga jauh lebih mudah. Jadi tidak heran jika ada lebih banyak masyarakat yang memilih menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan listrik gratis.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Token Listrik Habis Tengah Malam 

Memanfaatkan listrik gratis dari pemerintah jelas akan memberikan keuntungan besar bagi semua masyarakat kurang mampu. Sehingga uang mereka bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan lainnya, seperti membayar sekolah anak dan memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Cara mendapatkan pemasangan listrik gratis ini bisa Anda lakukan sendiri melalui aplikasi Peduli. Kini Anda bisa menikmati listrik gratis, tanpa harus pusing bagaimana cara membayar tagihan listrik bulanan berikutnya.