Pengguna Listrik Prabayar Wajib Tahu, Kode Transfer Pulsa Listrik

 

Listrik sudah menjadi kebutuhan utama untuk kita dan menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Kamu pasti sudah tidak asing dengan meteran listrik di rumah. Jika kamu pengguna listrik prabayar, kamu harus tahu kode transfer pulsa listrik untuk bisa top up pulsa listrik kamu.

Kode Transfer Pulsa Listrik

Seiring perkembangan zaman dan teknologi, saat ini ada dua jenis meteran listrik yang dipakai di Indonesia. Yaitu meteran pasca bayar dan meteran prabayar. Biasanya akan ada perbedaan rumah yang menggunakan listrik dengan daya 900 watt dengan rumah yang menggunakan daya listrik 1300 watt ke atas.

Baca Juga : Cara Memperlambat Meteran Token Listrik, Solusi Penghematan

Kode Transfer Pulsa Listrik untuk Meteran Listrik Prabayar

Meteran listrik pasca bayar bekerja dengan mengukur banyak penggunaan listrik setiap bulannya. Kemudian akan muncul besaran tagihan yang harus dibayarkan. Pada umumnya akan ada biaya beban dan pajak penerangan jalan (PPJ) dalam tagihan listrik pasca bayar.

Sedangkan meteran listrik prabayar ini diklaim lebih praktis dan hemat. Pasalnya penggunaannya mirip dengan mengisi voucher pulsa pada ponsel. Pelanggan harus memasukkan kode transfer pulsa listrik dan menginput 20 digit nomornya ke dalam meteran listrik untuk bisa melakukan top up kWh listrik. 

Nah, token listrik yang dibeli ini sewaktu-waktu bisa habis jika kWh-nya sudah tidak ada kuotanya. Jika kuota listrik sudah habis biasanya alarm meteran listrik akan berbunyi dan kamu tidak bisa menggunakan daya listrik untuk kebutuhan rumah kamu.

Kode pulsa listrik berupa 20 digit nomor token yang tertera dalam struk pembelian kamu. Ada banyak dan beragam jenis token pulsa listrik yang tersedia saat ini, bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan kamu. Token pulsa listrik mulai dari Rp. 20.000,- hingga yang paling tinggi Rp. 1.000.000,-.

Baca Juga : Cara Transfer Pulsa Listrik Lewat HP

Untuk proses pembelian token pulsa listrik bisa datang langsung ke cabang PLN terdekat atau di minimarket. Namun untuk kemudahan dan kenyamanan kamu bisa membeli di website terpercaya tpulsadigital.com untuk bisa top up pulsa listrik secara praktis dan pasti aman.

Sebagai catatan, pastikan nomor ID meter sesuai dengan meteran yang akan kamu top up, karena nomor token pulsa listrik tidak bisa digunakan pada meteran yang berbeda.

Cara Mengisi dan Top Up Token Pulsa Listrik Sangat Mudah

Setelah melakukan pembelian kamu akan menerima 20 digit kode transfer pulsa listrik. Kemudian ketikan angka tersebut pada meteran listrik prabayar di rumah kamu. Pastikan nomor yang kamu masukan benar agar prosesnya tidak gagal.

Jika sudah benar lalu tekan tombol enter dan sistem akan segera melakukan verifikasi pembelian kamu. Jika sudah terkonfirmasi berhasil maka akan muncul notifikasi yang menyatakan kode transfer pulsa listrik kamu benar dan otomatis kWh akan bertambah dan kamu sudah bisa menggunakan daya listrik di rumah.

Di atas sudah dijelaskan bahwa terdapat perbedaan mengenai rumah dengan daya listrik 900 watt ataupun rumah dengan daya di atas 1300 watt. Jadi besaran kWh yang didapatkan ketika mengisi token pulsa listrik akan berbeda meskipun sama-sama membeli token listrik dengan nominal harga yang sama.

Baca Juga : Cara Memasukan Token Listrik Jika Gagal yang Aman dan Legal

Rincian Biaya

Jadi biaya per 1 kWh akan semakin tinggi jika daya yang dipakai juga semakin tinggi. Berikut ini daftar biaya per 1 kWh berdasarkan daya listrik yang dipakai:

  • 900 watt = Rp1.352,-/kWh
  • 1300 watt = Rp1.440,70,-/kWh
  • 2200 watt = Rp1.440,70,-/kWh
  • 3500 watt = Rp1.440,70,-/kWh
  • 6600 watt = Rp1.440,70,-/kWh

Harga di atas tentu saja bisa mengalami perubahan sesuai kebijakan dari PLN. Selalu update informasi terkini mengenai biaya kode transfer pulsa listrik PLN agar dapat menggunakannya dengan bijak.