7 Tips Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

7 Tips Memulai Bisnis Online Tanpa Modal -  Sudahkah demam enterpreneurship alias demam kewirausahaan menjangkiti anda? Adalah mimpi banyak orang untuk bisa menjadi wirausahawan daring (online), mungkin termasuk anda. Bagi salah satu redaktur Digital Pulsa sendiri, keinginan menjadi seorang pengusaha telah timbul sejak dia masih anak-anak. Beliau pernah merasakan berjualan makanan ringan (yang dibuat oleh ibunya sendiri tentunya), dia juga pernah menjalani berjualan aksesoris dalam rupa gelang pada masa sekolah dahulu, dan tentu saja daftar cita-citanya akan sangat panjang apabila ditampung semua dalam tulisan kali ini. 😀


Hambatan awal yang umumnya ditemui calon wirausahawan pemula adalah modal. Memulai sebuah usaha/bisnis bisa jadi menghabiskan harta kita dan dengan statistik yang mengatakan bahwa 80% bisnis mengalami kegagalan dalam 18 bulan pertamanya (menurut Forbes.com), maka risiko yang akan kita tanggung akan menjadi sangat luar biasa.

7 Tips Memulai Bisnis Online Tanpa Modal - Digital Pulsa


Jadi, bagaimana cara kita mengakalinya?


Mayantara telah membuka sebuah jendela kemungkinan baru dengan peluang yang sangat besar, sebesar risiko dan kekurangan yang menyertainya. Dan Digital Pulsa telah merangkum dari berbagai sumber bagaimana cara memulai usaha daring tanpa modal! Anda tertarik mengetahuinya? Camkan baik-baik: Tips ini mungkin akan mengubah hidup anda!


Mulai dengan Marketplace (MP) Gratisan

Bergabunglah dengan MP yang memberikan platform gratis bagi anda untuk memulai perjalanan panjang anda sebagai wirausahawan daring. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa brand MP yang telah memiliki posisi kuat dan basis pengguna yang luas, antara lain Shopee, Tokopedia, BukaLapak, dan OLX. Model MP seperti ini mempersilakan anda untuk menampilkan barang dagangan anda dengan gratis, dan memotong (sedikit) fee saat barang anda terjual. Beberapa MP malah sama sekali tidak memotong fee saat barang anda terjual, sebagai gantinya anda dapat membeli fasilitas (misalnya status Gold Seller) untuk meningkatkan kemungkinan barang anda terjual. Jadi, anda membayar ketika anda menerima uang, atau malah tidak membayar sama sekali, hmmm…

    

Gunakan Media Sosial

Sekarang adalah jamannya medsos atau media sosial. Optimalkan fasilitas yang tersedia dalam platform yang anda punyai untuk meningkatkan brand anda. Medsos merupakan alat yang sangat powerfull untuk menjangkau pasar potensial anda. Bahkan anda dapat menciptakan pasar anda sendiri dengan menggunakan medsos. Pelajari beberapa medsos terkenal karena tiap platform memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

    

Nikmati Trials atau Masa Uji Coba

Beberapa vendor memberikan masa uji coba bagi calon user untuk mencicipi produknya sebelum benar-benar membelinya. Manfaatkan hal ini untuk menjelajahi seluruh fitur dan fungsi aplikasi yang akan anda beli. Pastikan anda membatalkan pesanan sebelum masa uji coba habis bilamana anda tidak menyukai apa yang anda coba.

    

Dropshipping

Bila anda sebelumnya telah memiliki toko offline yang berjualan barang-barang berbentuk fisik, mungkin metode Dropshipping cocok untuk usaha anda. Anda hanya kulakan barang HANYA saat ada order dari pembeli anda. Caranya cukup sederhana, anda hanya membutuhkan data vendor alias supplier yang dapat menyediakan barang DAN dapat mengirimkan barang ke pembeli atas nama anda. Anda bayar harga barang ke vendor sebesar harga beli anda, dan anda menerima pembayaran dari pembeli sebesar harga beli anda ditambah dengan margin profit yang dapat anda tetapkan sendiri. Jangan lupa pula untuk memasukkan komponen ongkos kirim (ongkir) sebagai pertimbangan pula, karena mengingat biaya logistik di Indonesia ini cukup bervariasi.

    

Crowdsourcing

Kalau anda memiliki ide yang dapat menyelamatkan dunia atau sekedar memecahkan masalah orang lain, namun sumber daya finansial anda terbatas untuk mengongkosinya, anda dapat menggunakan paltform crowdsource untuk membuka keran patungan modal. Selama ide anda realistis dan solutif, percayalah banyak orang akan membantu anda mewujudkan ide-ide brilian anda. Siapa tahu anda adalah Elon Musk berikutnya dari Indonesia!


Pre Order/Pre Sell

Metode yang sering disingkat dengan PO ini cukup mudah, selama anda telah memiliki data interest calon pembeli akan barang/jasa yang akan anda tawarkan. Model bisnis ini sering kita temui di Instagram pada lini fashion, dimana butik daring sering membuat flash sales untuk produk baru tentu saja dengan harga promo. Bagi konsumen hal ini menguntungkan karena mendapatkan potongan harga dan produk yang belum dimiliki oleh banyak orang (ya, kita belajar psikologi di sini). Bagi produsen hal ini akan mengurangi risiko biaya produksi berlebihan, karena barang dibuat setelah ada order.

    

Bisnis Online

Intip juga model bisnis semacam affiliate dan blogging (seperti yang Digital Pulsa lakukan ini), di mana anda dapat memulai perjalanan anda dengan modal minimalis, namun dengan hasil yang realistis, tentu saja dibarengi dengan effort yang optimal. Hanya bermodal ide konten dan tulisan yang tidak panjang-panjang amat, anda akan mampu mengalirkan pundi-pundi tipis ke kantong anda, selama anda mampu memberikan nilai tambah bagi pembaca.


Itulah 7 Tips memulai bisnis online tanpa modal ala Digital Pulsa kali ini. Tunggu tips bisnis online berikutnya yang mungkin akan mengubah hidup anda!

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

CARA DAFTAR

SILAKAN KETIK
DIGITAL#NAMA#KOTA

CONTOH:
DIGITAL#KIOS PULSA#BANDUNG

Kіrіm SMS / WHATSAPP kе CENTER Kami Dі bаwаh Inі

SMS Center

WhatsApp Center

Catatan: Jika Center lаіn tіdаk rеѕроn, silakan ulangi trаnѕаkѕі Andа dan kirim Kеmbаlі kе SMS CENTER yang lain.

Ketik: CENTER

Lewat SMS/WA Lalu kіrіm kе ѕаlа ѕаtu Nоmоr ѕmѕ сеntеr kami dі аtаѕ untuk mеngеtаhuі Nоmоr SMS CENTER уаng aktif.

Telegram Center

REKENING DEPOSIT

Deposit Open Setiap Hаrі Mulаі Pukul 06.00 - 22.00 WIB

BCA
125-0050-015

A/N :
CV. DIGITAL PAYMENT ONLINE

BNI
125-0050-015

A/N : TRI CHRISTIYADI

MANDIRI
171-000-6109-006

A/N : TRI CHRISTIYADI

BANK BRI
004-901-001-072-567

A/N :
CV. DIGITAL PAYMENT ONLINE