Daftar Bisnis Online Modal Kecil Beserta Keunggulan, Kelemahan dan Cara Suksesnya

Banyak orang yang belum mengetahui daftar bisnis Online modal kecil. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia kebanyakan terpaku pada jenis usaha secara fisik. Dan sebagian berpendapat bisnis di internet rentan penipuan dan kurang menjanjikan. Pandangan yang salah membuat hasil kurang optimal. Padahal bisnis di dunia maya, prospeknya cerah sekali dengan penghasilan fantastis. Bagi generasi muda sangat tepat untuk mulai menekuni bisnis ini.

Jika Anda bingung memilih jenis usaha yang menguntungkan dan menjanjikan maka tak salah lagi bagi sobat digital untuk menekuni bisnis Online. Pangsa pasar yang besar di  dalam negeri sampai mancanegara. Telah banyak orang membuktikannya dengan berbagai rupa bisnis Online yang ada sesuai bakat dan keterampilan dengan penghasilan fantastis.

Bisnis Online adalah suatu bisnis yang dikerjakan lewat media internet. Nyaris semua jenis usaha saat ini menggunakan teknologi Online. Dan beberapa jenis gerai usaha yang tak menggunakan teknologi internet ini perlahan menjadi sepi konsumen dan bangkrut. Itu sudah menjadi kenyataan bagi suatu usaha yang tak menjalankan sistem Online.

Dengan hadirnya teknologi internet membawa perubahan dalam dunia bisnis. Perlahan tapi pasti mulai banyak gerai usaha atau toko fisik yang mengalami penurunan penjualan. Justru toko Online mendapatkan penjualan yang sangat tinggi hingga mencapai level tertinggi. Oleh karena itu, berbagai usaha dan perusahaan mulai melirik membuka bisnisnya secara Online selain offline. Pangsa pasar menjadi lebih besar dan keuntungan lebih banyak dari sebelumnya.

Daftar Bisnis Online Modal Kecil Beserta Keunggulan, Kelemahan dan Cara Suksesnya


Keunggulan Bisnis Online

Ada banyak alasan bagi seseorang untuk bertahan dalam bisnis Online. Berikut ini beberapa keunggulan bisnis Online, antara lain:


1. Pasar yang Lebih Luas

Anda bisa membidik pasar secara fisik. Misalkan konsumen di targetkan dalam satu wilayah kota atau provinsi. Cakupan pemasaran meliputi wilayah di dalam negeri hingga luar negeri.


2. Pelayanan Prima

Konsumen bisa memilih barang yang dikehendakinya. Ia bisa membandingkan harga yang termurah dengan toko Online sejenis. Hal itu bisa dilakukan 24 jam nonstop.


3. Kerahasiaan Terjaga

Pada waktu seorang suami mau membelikan celana dalam bagi istri tercinta maka ia tinggal masuk ke toko Online dan klik pemesanan. Barang akan sampai di tujuan tanpa terganggu privasinya.


4. Aman

Kata siapa berbelanja Online rawan penipuan? Justru sekarang belanja Online sangat aman. Konsumen tak perlu melakukan pembayaran di muka. Tapi ia bisa melakukan pembayaran pas datang barang yang dinamakan sistem COD. Marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia dan Shopee menawarkan sistem rekening bersama untuk menjaga keamanan dalam setiap transaksi.


5. Lebih murah

Barang yang dijual di toko Online cenderung memiliki harga yang lebih murah ketimbang toko fisik. Hal ini beralasan toko Online itu hemat biaya. Tak perlu menyewa lokasi yang mahal, bayar listrik, bayar air, bayar upah karyawan dan lain-lain. Karena semua bisa dikerjakan sendiri secara otomatis.


6. Lebih bervariasi

Bisnis Online bukan hanya terbatas pada penjualan Online. Tapi bisa mencakup menghasilkan uang melalui survei Online, Pay per Clik, Pay Per View, publisher adsense, content writer, sewa iklan mandiri, review, dan lain sebagainya.


Kelemahan Bisnis Online


Yang menjadi kekurangan dari bisnis Online yaitu:


1. Rawan terjadi penipuan baik dari pihak penjual atau pembeli

Misalkan yang terjadi pada penulis yang berperan sebagai pembeli. Di mana suatu hari membeli barang secara Online tapi setelah barang diterima tak sesuai dengan yang dijanjikan. Pengalaman orang lain dalam membeli produk secara Online adalah barangnya tak diterima. Padahal uang sudah dibayarkan.

Untuk pihak penjual pun demikian. Ia bisa mengalami penipuan. Seperti pengalaman penulis yang menjual jasa keterampilan menulis artikel tapi tak dibayar oleh pihak konsumen. Selain itu, calon konsumen menjanjikan akan membeli produk yang kita jual dengan sistem COD. Tapi konsumen tak kunjung datang. Kalaupun datang maka ia membatalkan pembelian. Itu semua sangat mungkin terjadi pada bisnis Online sebagai sebuah kelemahan.


2. Barang tak terlihat langsung

Kelemahan bisnis Online adalah barang yang diperjualbelikan adalah tak terlihat. Dalam arti, hanya berupa gambar. Tidak bisa disentuh dan dicek oleh konsumen. Apalagi barang itu produk digital. Kecuali, Anda menggunakan sistem COD (Cash On Delivery). Dengan tak bisa melihat atau meraba atau mengecek secara langsung mengakibatkan konsumen tak mengetahui kualitas barang itu dari segi kerapian, kekuatan dan aroma.


3. Waktu lama

Kalau membeli barang secara offline dapat dilakukan secara cepat. Hal ini berbeda dengan membeli produk Online yang membutuhkan beberapa waktu. Seperti untuk waktu pembayaran dan waktu pengiriman. Apalagi berada di tempat yang jauh.


Cara Sukses Bisnis Online

Bagi Anda yang mau terjun dalam bisnis Online memerlukan persiapan yang matang. Kemudian dilanjutkan dengan aksi nyata. Berikut ini cara sukses bisnis Online, antara lain:


1. Mempersiapkan modal usaha

Adapun rencana biaya modal usaha bisnis Online adalah:


- Seperangkat komputer atau laptop

Untuk menghemat keuangan, Anda bisa membeli laptop yang bekas. Seperti di forum jual beli Online. Penulis pernah membeli laptop bekas tapi masih dalam kondisi bagus sebesar Rp 400 ribu di Marketplace Facebook.


- Koneksi internet

Untuk sambungan internet, Anda bisa memperolehnya dengan membeli paket kuota data atau menggunakan jaringan hostpot WIFI gratis.


- Smartphone

Perangkat ini berfungsi sebagai sarana berkomunikasi dengan calon konsumen.


- Produk yang akan dijual.

Anda bisa membeli produk itu yang dinamakan sistem reseller. Atau anda membantu menjualkan barang milik orang lain yang dinamakan dropship.


2. Memilih Produk terlaris

Setelah mempunyai modal usaha yang lengkap, dilanjutkan dengan memilih barang paling laris di Online. Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan untuk melihat produk yang laris manis dijual Online. Biasanya produk itu ditandai dengan masuk kategori produk terlaris atau terpopuler di sejumlah Marketplace.


Berikut ini daftar produk terlaris di internet, yaitu:

  • Produk Fashion yang meliputi baju, pakaian, celana, kerudung, bros, hijab, gamis, jam tangan, sepatu dll. Pastikan produk Fashion dijual dengan harga kompetitif dengan desain terkini.
  • Perabotan Rumah Tangga yang mencakup: panci, tirai, seprei, bantal, kasur, rantang, wajan, piring, gelas, teko, pisau, garpu, sendok, parutan, dan lain-lain.
  • Aksesoris kendaraan mobil dan sepeda motor. Seperti spion, selimut motor dan mobil, kanvas rem, rantai, ban dalam, ban luar dll.
  • Smartphone atau komputer serta aksesoris seperti keyboard, mouse, flashdisk, USB, modem, headset, dan lain sebagainya. Pastikan menjual ponsel, komputer dan aksesoris dari merek yang sudah ternama supaya mudah terjual. Misalkan Samsung atau Xiaomi.
  • Buku fisik atau buku digital seperti ebook
  • Kuliner seperti makanan dan minuman
  • Jasa atau keterampilan. Misalkan menjual jasa penulisan artikel, jasa edit video, jasa les privat, jasa penerjemah bahasa asing, jual jasa edit foto, jual jasa pembuatan website, jasa konten video youtube, dan lainnya.
  • Barang antik atau kuno yang memiliki nilai jual tinggi. Seperti uang kuno, setrika jadul, kain batik tempo dulu, keramik jaman kerajaan dan lain-lain.

Semua barang di atas bisa dijual lewat sistem COD atau pembayaran di tempat di sekitar daerah anda atau sistem transfer bank. Pada dasarnya semua barang bisa dijual secara online.


3 .Promosi

Salah satu langkah yang harus dilakukan supaya terjadi penjualan adalah promosi. Anda bisa melakukan promosi di media sosial Facebook, Twitter, Instagram, marketplace seperti bukalapak, shopee, tokopedia, blibli, forum, blog, website dan media online lainnya. Contohnya jika anda menguasai aplikasi Facebook maka anda dapat melakukan promosi di media sosial ini.

Untuk berpromosi di media sosial Facebook maka Anda terlebih dahulu masuk ke akun sobat. Kemudian melakukan update status mengenai produk yang Anda jual. Misalkan menulis kelebihan dan manfaat produk yang dijual tersebut yang disertai penawaran harga dan nomor kontak pemesanan yang dapat dihubungi.

Cara lain promosi atau berjualan di Facebook dapat melalui fitur Marketplace di Facebook. Langkahnya dengan mengeklik gambar rumah yang berada di tengah atas halaman utama Facebook. Kemudian pilih “Jual” untuk menjual produk. Anda tinggal mengisikan kolom yang kosong dengan lengkap dan benar. Seperti produk yang dijual? Harga? Kategori? Kemudian bisa menambahkan gambar produk. Yang diakhiri menekan tombol Terbitkan.

Cara berjualan lewat Whatsapp bisa pula ditempuh. Aplikasi Whatsapp menjadi aplikasi chatting terbanyak yang didownload orang di seluruh dunia. Selama ini orang menggunakan whatsapp disingkat WA sebagai media chatting maupun telepon untuk kepentingan bisnis dan komunikasi secara umum. Ternyata media ini dapat dipergunakan untuk menghasilkan uang. Salah satu caranya dengan memanfaatkan fitur whatsapp story atau update status. Coba masuk ke akun WA. Lau klik menu Status. Di status ini anda bisa memosting barang jualan anda untuk mendapatkan orderan.


Daftar Bisnis Online Modal Kecil


Berikut ini daftar bisnis online modal kecil, antara lain:


1. Publisher Adsense

Syarat untuk menjadi penayang Adsense adalah Anda diwajibkan memiliki blog atau web. Yang kemudian didaftarkan pada program Google Adsense. Setelah di approve Adsense maka perbanyaklah pos ting artikel supaya trofik bertambah tinggi perahi.


2. Youtuber

Syarat utama adalah Anda membuat channel youtube berisi video orisinal. Setelah mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang maka Channel youtube Anda dapat didaftarkan adense youtube supaya dapat terpasang iklan dan menghasilkan uang.


3. Jasa Penulis Artikel Blog

Apabila Anda memiliki hobi menulis maka Anda bisa menghasilkan uang dari hobi itu. Dengan cara menjadi penulis artikel blog. Kunci sukses dalam bisnis Online ini adalah tepat waktu, produktif dan kualitas artikel orisinal dan enak dibaca.


4. Jualan foto

Anda bisa menjual foto-foto yang terdapat dari ponsel Anda ke orang lain yang membutuhkannya. Untuk mulai menjual foto, silakan kunjungi istock.


5. Mengikuti Survei Online

Hanya mengikuti survei Online melalui smartphone, anda mendapatkan uang. Situs penyedia survei Online seperti Yougov dan viewFruit.


6. Jualan Pulsa

Jualan pulsa juga termasuk salah satu daftar bisnis Online modal kecil yang menguntungkan serta mudah dijalankan. Caranya, Anda cukup melakukan pendaftaran agen pulsa terlebih dahulu di Digital Pulsa. Setelah terdaftar lakukan deposit kemudian jualan. Anda bisa berjualan pulsa secara Online mau pun Offline.


Demikianlah sedikit uraian tentang daftar bisnis Online modal kecil, semoga ini bisa memberi pencerahan bagi Anda yang dengan mencari peluang bisnis Online di masa sekarang ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Daftar Bisnis Online Modal Kecil Beserta Keunggulan, Kelemahan dan Cara Suksesnya"

Posting Komentar