Lampu Temper Menyala Kuning, Penyebab dan Langkah Mengatasinya

Lampu temper menyala kuning pada meteran listrik mengindikasikan adanya masalah tertentu. Sebenarnya ada beberapa indikator yang muncul ketika ada suatu permasalahan. Seperti muncul kode, bunyi beep berulang, lampu berkedip, dan yang lainnya. Apabila tidak segera ditangani, tentu dapat menyebabkan meteran bermasalah dan rusak secara permanen.

Lampu Temper Menyala Kuning, Penyebab dan Langkah Mengatasinya - Digital Pulsa Murah

Penyebab dan Mengatasi Lampu Temper Menyala Kuning Dengan Benar

Setiap permasalahan kelistrikan tentu memiliki berbagai penyebab yang berbeda. Identifikasi faktor kerusakan itu pun sebaiknya dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Indikator yang kerap muncul di instalasi meteran listrik adalah lampu kuning yang berkedip. Sebelum melakukan perbaikan, kenali beberapa penyebab munculnya indikator tersebut di bawah ini.


Kesalahan Instalasi

Penyebab lampu tamper kuning menyala pada meteran bisa karena adanya kesalahan ketika instalasi listrik. Kesalahan atau kurang bagusnya kualitas instalasi akan mempengaruhi arus listrik yang mengalir ke rumah. Bisa saja karena sambungan yang salah atau penggunaan kabel yang kualitasnya buruk. 


Selain usianya pendek, kualitas kabel yang tidak bagus juga cukup berbahaya untuk pemakaian di instalasi perumahan. Sebab, biasanya kabel ini memiliki kemampuan tahanan yang buruk. Sehingga mudah putus, bisa memicu korsleting, hingga kebakaran.


Kebocoran Arus Listrik

Kebocoran arus menjadi penyebab selanjutnya lampu temper menyala kuning. Hal ini terjadi karena adanya pemindahan energi listrik yang bertahap hingga melampaui ambang batas dari kemampuan isolator. Hal ini terjadi karena kemungkinan dari usia kabel yang sudah usang. 


Sehingga tahanan isolasi pada kabel sudah menurun. Alhasil menyebabkan kabel tidak dapat menahan arus secara baik. Menurunnya kualitas kabel ini juga disebabkan oleh beberapa hal. Bisa berasal dari waktu pakai, hingga suhu sekitar yang tinggi. Sebab, suhu yang tinggi tersebut dapat mempercepat isolator rusak.


Tidak Adanya Grounding

Sederhananya grounding merupakan instalasi pada setiap bangunan yang ditanam ke tanah. Fungsinya sangat penting, salah satunya mengurangi gangguan sistem kelistrikan saat ada sambaran petir atau arus berlebih. Meskipun sangat krusial, ternyata masih banyak juga yang mengabaikannya. 


Tidak sedikit rumah-rumah yang tidak ada instalasi groundingnya. Selain bisa merusak peralatan elektronik, tidak adanya instalasi grounding ini juga sangat berbahaya. Sebab apabila ada lonjakan atau kebocoran arus bisa mengakibatkan korsleting atau sengatan listrik. 


Dengan adanya teknologi indikator lampu temper menyala kuning pada meteran bisa mendeteksi hal tersebut. Sehingga bisa segera dilakukan tindakan pembenahan instalasi grounding sedini mungkin.


Langkah Tepat Mengatasi Lampu Tamper Kuning

Apabila tidak segera melakukan penanggulangan terhadap indikator tamper kuning pada meteran, hal ini bisa membahayakan keselamatan pengguna. Menurut berbagai sumber, untuk mengatasi hal tersebut terbilang cukup mudah. 


Karena berhubungan dengan arus listrik, cara paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan meminta bantuan kepada pihak profesional. Langkah tersebut menjadi satu-satunya cara untuk meminimalisir kerusakan yang bisa berakibat fatal.


Langkah pertama bisa dengan menghubungi customer service PLN melalui telepon 123. Jangan lupa untuk menambahkan kode area tempat tinggal. Setelah terhubung, tekan nomor 2 untuk pengaduan layanan dan gangguan. Selain telepon, pelanggan juga bisa melakukan pengaduan lewat SMS ke nomor 0838 8888 123. 


Cukup dengan menuliskan apa keluhan terkait gangguan di atas. Cara ketiga adalah melakukan laporan gangguan melalui sosial media resmi PLN. Cukup dengan menuliskan kendala seperti melalui SMS dan mengirimkannya lewat direct messages.


Jadi, saat lampu tamper pada meteran listrik menyala kuning, bisa menjadi indikator adanya permasalahan yang berkaitan dengan instalasi kabel dan kebocoran arus. Sebaiknya masalah ini segera ditangani karena bisa memicu masalah lain yang lebih besar apabila dibiarkan. Upaya paling bijak adalah segera menghubungi pihak PLN dan meminta penanganan secara cepat. Nah, jika Anda membutuhkan 


Demikian tadi pembahasan singkat terkait lampu temper menyala kuning. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan token listrik dengan harga yang terjangkau serta ingin memulai bisnis penjualan token listrik, maka Digital Pulsa adalah pilihan yang tepat sebagai master dealer. Di Digital Pulsa, Anda akan menemukan harga token listrik, pulsa, dan kuota internet yang lebih murah dari tempat lain, dan informasinya selalu diperbarui setiap hari. Tidak perlu ragu untuk mendaftar sekarang!

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

CARA DAFTAR

SILAKAN KETIK
DIGITAL#NAMA#KOTA

CONTOH:
DIGITAL#KIOS PULSA#BANDUNG

Kіrіm SMS / WHATSAPP kе CENTER Kami Dі bаwаh Inі

SMS Center

WhatsApp Center

Catatan: Jika Center lаіn tіdаk rеѕроn, silakan ulangi trаnѕаkѕі Andа dan kirim Kеmbаlі kе SMS CENTER yang lain.

Ketik: CENTER

Lewat SMS/WA Lalu kіrіm kе ѕаlа ѕаtu Nоmоr ѕmѕ сеntеr kami dі аtаѕ untuk mеngеtаhuі Nоmоr SMS CENTER уаng aktif.

Telegram Center

REKENING DEPOSIT

Deposit Open Setiap Hаrі Mulаі Pukul 06.00 - 22.00 WIB

BCA
125-0050-015

A/N :
CV. DIGITAL PAYMENT ONLINE

BNI
125-0050-015

A/N : TRI CHRISTIYADI

MANDIRI
171-000-6109-006

A/N : TRI CHRISTIYADI

BANK BRI
004-901-001-072-567

A/N :
CV. DIGITAL PAYMENT ONLINE