Cara Mengembalikan Collect SMS yang Terhapus

Apakah Anda pernah tidak sengaja menghapus pesan penting sebelum dibaca dengan baik? Jangan panik, cara mengembalikan collect SMS yang terhapus sebenarnya tidak sulit dan akan dibahas secara singkat dalam tulisan ini. Setidaknya ada 3 langkah mudah yang bisa dicoba dan semoga membantu Anda mengembalikan pesan yang terlanjur dihapus.  

Pertama dengan menggunakan aplikasi, kedua tanpa aplikasi, dan yang ketiga adalah pekerjaan hati. Setiap cara tersebut tentu memiliki konsekuensi berbeda. Anda bisa memilih cara terbaik setelah mengetahui keuntungan atau kerugian yang akan didapat setelahnya. 

Cara Mengembalikan Collect SMS yang Terhapus - Digital Pulsa


Penyebab Pesan Penting Terhapus

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengembalikan collect SMS yang terhapus, sebaiknya Anda mengetahui beberapa sebab yang mungkin terjadi. Sehingga alasan mengembalikan pesan tersebut cukup kuat. Bukan hanya tindakan iseng yang menghabiskan waktu dan biaya.

Pesan penting sewajarnya disimpan dan segera dibaca oleh penerima kemudian disimpan dengan baik. Jika perlu, ditandai sebagai arsip sehingga tidak mudah dihapus. Sayangnya kotak masuk pesan regular sampai saat ini tidak menyediakan fitur arsip atau tandai pesan penting, terutama di gawai yang keluaran lama.

Pesan singkat penting dapat dengan mudah terhapus tanpa sengaja. Dapat juga terjadi karena ketidaktahuan penerima bahwa sebenarnya pesan tersebut penting namun karena notifikasi yang muncul berasal dari collect SMS. Penerima baru menyadari bahwa pesan tersebut penting ketika pengirim bisa menghubunginya melalui cara lain.


Cara Restore Pesan Terhapus

Lalu bagaimana cara mengembalikan collect SMS yang terhapus setelah terlanjur terjadi? Pada dasarnya pesan dari gawai yang sudah terhapus tidak dapat dikembalikan karena tidak adanya kotak sampah. Akan tetapi perkembangan teknologi saat ini membuat beberapa pengembang aplikasi berkreasi menciptakan alat yang dapat memanggil pesan yang sudah dihapus.


1. Aplikasi Restore File Android

Ada beberapa aplikasi yang diklaim mampu mengembalikan file setelah dihapus, baik itu berupa gambar, pesan, atau bentuk file lain seperti video. Di antaranya adalah aplikasi UltData yang dikembangkan oleh Tenorshare. Selain itu ada juga Dr.Fone, RecycleMaster, Data Recovery, Auto RDM, juga Recover deleted Messages WARM.

Beberapa aplikasi ini mudah dijalankan, hanya perlu dipasang kemudian ikuti panduan yang tersedia. Akan ada beberapa file setelah dihapus tampil dan Anda bisa memilih mana yang ingin dikembalikan. Tidak semua file yang sudah terhapus harus dikembalikan menggunakan aplikasi, cukup pilih saja pesan penting sesuai hasil pencarian. Sayangnya, aplikasi ini berbayar.


2. Buka File Backup

Cara mengembalikan collect SMS yang terhapus yang kedua adalah melalui file backup. Jika Anda cukup rajin mencadangkan pesan masuk maka setelah tidak sengaja terhapus tetap tersimpan di folder cadangan. Tempat penyimpanan cadangan tersedia sesuai kapasitas aplikasi masing-masing dan biasanya harus dilakukan secara online.

Seperti foto yang biasanya tercadangkan otomatis melalui aplikasi Google Photo, pesan WhatsApp yang dicadangkan secara rutin, maka setelah dihapus di kartu memori masih bisa dilacak melalui pembaruan hasil cadangan. Masalahnya adalah ketika pesan yang terhapus belum sempat dicadangkan, maka otomatis sudah hilang permanen.


3. Ikhlaskan 

Cara terakhir yang bisa dilakukan setelah kehilangan pesan penting di gawai adalah dengan mengikhlaskan. Cara ini mungkin bisa mengembalikan pesan yang hilang jika pengirim masih menyimpannya dan Anda bisa meminta untuk mengirimkannya kembali. Akan tetapi jika yang terjadi adalah sebaliknya, maka ikhlaskanlah.

Ada kalanya kehilangan adalah cara terbaik untuk melangkah ke masa depan. Oleh karena itu, jangan lagi risau tentang cara mengembalikan collect SMS yang terhapus. Akan lebih baik jika Anda mendaftarkan diri sebagai agen Digital Pulsa agar tidak ada lagi drama kehabisan pulsa setelah kejadian tersebut.

0 Response to "Cara Mengembalikan Collect SMS yang Terhapus "

Posting Komentar