Apakah Itu Penipuan Collect SMS dan Bagaimana Ciri-ciri SMS Penipuan?

Saat ini banyak sekali SMS yang masuk dari nomor tak dikenal yang meminta sesuatu kepada penerima SMS. Mulai dari meminta klik tautan tertentu, meminta memberikan nomor kode tertentu, hingga meminta pulsa bahkan uang dengan berbagai alasan. Banyak juga informasi yang beredar tentang penipuan collect SMS.

Digital Pulsa, Penipuan Collect SMS, Arjuna Pulsa



Apakah Collect SMS Itu?

Sebelum membahas penipuan, pahami dulu apa itu collect SMS. Collect SMS adalah sebuah layanan dari Telkomsel untuk membantu pelanggan mengirimkan SMS saat kondisi darurat seperti kehabisan pulsa atau masa aktif nomor sudah habis. Saat pengirim menggunakan layanan ini, penerima akan mendapatkan SMS konfirmasi dari 88771 apakah bersedia membayar biaya SMS tersebut atau tidak.

Dalam hal ini, operator tidak memaksa penerima harus setuju. Ada pilihan untuk menolak membayarkan dengan cara membalas No ataupun mengabaikan. Sebaliknya, jika setuju penerima harus membalas Yes agar pesan dapat dibaca.


Ciri-ciri SMS Penipuan

Ada banyak ciri-ciri yang mengindikasikan bahwa SMS yang Anda terima adalah penipuan. Berdasarkan informasi dari Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika, SMS penipuan biasanya memiliki ciri-ciri menggunakan kata sapaan yang tidak biasa, meminjam uang secara tiba-tiba, dan memberikan iming-iming hadiah tetapi harus transfer sejumlah uang terlebih dahulu.

Selain itu, SMS penipuan yang banyak ditemukan saat ini yaitu mengatasnamakan perusahaan tertentu yang mengadakan rekrutmen tenaga kerja, pemberian produk gratis, hingga hadiah mewah. Tak sedikit pengguna ponsel yang juga menerima SMS berupa pemberitahuan ada keluarga yang mengalami kecelakaan atau bermasalah dengan polisi dan ujungnya meminta uang.

Waspadai juga SMS permintaan kode OTP yang mengaku dari bank atau operator aplikasi tertentu, utamanya aplikasi keuangan. Jika Anda turuti, kemungkinan besar akun Anda akan diretas dan menimbulkan kerugian material yang tidak sedikit.

Di samping kerugian berupa uang atau saldo di rekening dan dompet digital, kerugian yang dapat dialami jika tertipu SMS penipuan seperti di atas adalah bocornya data pribadi Anda. SMS penipuan yang meminta Anda mengisi data atau mengirimkan data diri dalam format apa pun dapat dilakukan oleh penjahat untuk menyalahgunakan data pribadi korban, seperti digunakan untuk mengajukan pinjaman, peretasan, hingga pemerasan.


Collect SMS Bukan Penipuan 

Penipuan SMS yang mengatasnamakan Telkomsel ataupun perusahaan lain dan perorangan biasanya dilakukan oleh penipu dengan cara mengacak nomor. Nomor dan data pengguna Telkomsel juga bisa didapatkan oleh pelaku penipuan dari kegiatan peretasan suatu situs. Jika nomor Telkomsel Anda mendapatkan SMS yang terindikasi penipuan, dapat menghubungi layanan call center 24 jam di nomor 188. Bisa juga kirim aduan ke nomor 1166 dengan format PENIPUAN#NO. MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN atau hubungi asisten virtual di Line, Facebook Messenger Telkomsel, Telegram, atau akun Twitter @telkomsel. 

Kesimpulannya, nomor 88771 merupakan nomor resmi dari operator Telkomsel untuk layanan collect SMS. Jika mendapatkan SMS dari nomor tersebut, artinya ada pengguna yang meminta collect SMS dari Anda. Namun, jika pengirim bukanlah 88771, bisa dicurigai bahwa itu adalah penipuan collect SMS.

Nah, itulah informasi tentang penipuan collect SMS yang masih banyak ditanyakan. Kalau ingin mencari informasi peluang bisnis pulsa yang menguntungkan, segera hubungi customer service Digital Pulsa. Nantinya Anda akan mendapatkan panduan langkah-langkah sukses bisnis pulsa mulai dari pendaftaran hingga teknis menjalankannya. Layanan ini gratis sampai pendaftaran Anda berhasil. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini.

0 Response to "Apakah Itu Penipuan Collect SMS dan Bagaimana Ciri-ciri SMS Penipuan?"

Posting Komentar