Ide Belajar Bisnis Online Untuk Pemula

Komunitas belajar bisnis online akhir-akhir ini sudah banyak bermunculan. Mulai dari yang gratis hingga berbayar. Mulai dari berbayar dengan jangka waktu ataupun  yang seumur hidup keanggotaan. Bagi para pemula, membangun sebuah bisnis online tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi yang sama sekali gaptek atau gagap teknologi pasti akan terasa sulit biasanya bingung harus memulai dari mana. Anda tidak perlu khawatir karena banyak jalan menuju jalan sukses kuncinya adalah kemauan yang kuat.

Beberapa tutorial online terkait belajar bisnis online juga mudah untuk diakses asalkan kita rajin dan ulet. Sebelum kita memulai bisnis online ada baiknya kita kita mengetahui dan menentukan jenis bisnis online seperti yang akan dijalankan.  Beberapa tutorial mungkin mudah untuk kita pelajari untuk kita belajar bisnis online, namun ada hal penting yang sangat amat menentukan adalah sikap mental kita.

Ide Belajar Bisnis Online Untuk Pemula
Ide Belajar Bisnis Online Untuk Pemula

Membangun sikap mental kita yang positif. Beberapa sikap mental positif antara lain kemauan yang kuat dan serius untuk belajar, kemauan yg keras, mempunyai goal, dan tujuan yang jelas dan dapat diukur, yang terakhir adalah siap menanggung risiko.

Memulai bisnis online sambil belajar bisnis online yang dimulai dari menentukan ide bisnis apa yang akan dikerjakan, selanjutnya memilih bentuk atau model bisnis online yang paling mudah untuk pemula.


Menentukan Ide Bisnis Online

Menentukan ide bisnis online bisa anda mulai dari membaca kondisi lingkungan di lokasi atau area yang akan kita tuju serta juga mengombinasikan dengan pasion kita atau keahlian dan minat yang kita kuasai., hal ini juga menjadi penting untuk dipertimbangkan agar kita juga menjalankan bisnisnya menjadi nyaman


Memutuskan Barang Atau Jasa Yang Akan Anda Jual

Sebelum memutuskan barang yang akan dijual, kita lakukan riset dahulu apa yang dibutuhkan masyarakat. Kebutuhan pasar itu bisa berupa apa saja bentuknya bisa berupa jasa atau barang. Mengapa kita perlu menjual sesuai  apa yang dibutuhkan masyarakat, hal ini agar anda sebagai pemula yang sedang belajar bisnis online tidak terjebak fokus pada produk sehingga malah yang ada kita menjadi lelah menunggu pembeli, sehingga terhindar dari tumbang sebelum mencapai tujuan penjualan. Carilah produk-produk yang laku di pasaran.

Jika kita tidak mempunyai cukup modal, maka kita dapat menjadi reseller atau sistem dropship.

Di bawah ini beberapa contoh bentuk produk yang bisa kita jual sesuai dengan passion dan pasar. Ada tiga bentuk produk atau barang yang bisa kita jual yaitu:

  • Produk digital: Kursus online, software, affiliasi, pulsa atau ebook.
  • Berupa produk fisik: baju-baju, property, pernak-pernik aksesoris, produk herbal, jam tangan.
  • Produk jasa: Jasa menjadi penulis artikel konten web, jasa online marketing, jasa belajar privat, tour and travel.


Membuat Website Atau Membuat Toko Online Melalui Media Social

Membuat website bukan lagi barang yang mahal. Kini telah banyak penyedia jasa pembuat web dengan sewa hosting dan pembelian domain yang terjangkau kantong kita. Untuk pemula bisa kita mengambil paket start up, yang umumnya bisa dibayar per bulan atau pertahun dengan harga yang terjangkau. Atau dengan website gratisan seperti Blogger atau WordPress.


Mempromosikan Jualan Online

Cara mempromosikan jualan online, bisa melalui beberapa sarana medsos misalkan dengan Instagram, Facebook Ads, Whatssapp atau Youtube. Semua mempunyai caranya untuk itu anda perlu belajar sambil bekerja artinya belajar sambil berani mempraktikkan menjual produk atau barang yang akan anda jual. Belajar bisnis online sangat penting namun juga mempraktikkannya pun menjadi lebih penting, sehingga sudah mencobanya dan akan menemukan kesulitan-kesulitannya sehingga ketika anda mulai belajar bisnis online dalam artian mempelajari ilmunya anda sudah mengalaminya dan bisa bertanya kepada mentor anda apa yang sudah anda alami.


Mencari Dan Temukan Mentor Yang Tepat

Carilah mentor anda yang tepat. Untuk tahap awal memulai bisnis online ini anda harus merelakan sebagian uang anda untuk anda investasikan dalam proses belajar. Selain uang juga waktu dan tenaga jika anda serius mengembangkannya. Misalnya pada saat weekend, waktu yang biasanya anda gunakan untuk istirahat selepas kerja selama seminggu dapat anda manfaatkan untuk memulai belajar bisnis online mulai dari sebagai reseller atau dropshipper serta juga mencari mentor bisnis online dengan bergabung bersama komunitas.


Beberapa Cara Belajar Bisnis Online bagi pemula

Sebagai pemula dalam bisnis online, kita bisa terlebih dahulu untuk mencoba dua cara di bawah ini :


1. Menjual Di Pasar Online atau Lewat Marketplace

Anda dapat berjualan di Pasar Online atau Marketplace dengan memposting produk yang akan anda jual, seperti berjualan di Marketplace Tokopedia, Bukalapak, atau Ebay.


2. Reseller atau Dropshipper

Reseller menjual barang produk orang lain dengan bagi hasil yang ditentukan antara produsen dan penjual dropshipping artinya kita berjualan tanpa memiliki stok, semua pesanan pembeli pihak supplier yang akan mengirimkan. Contohnya dengan cara menjadi reseller atau agen Digital Pulsa.


Nah, jadi mudahkan belajar bisnis online, mulailah temukan ide bisnis dan produk anda.

Semoga bermanfaat. 


0 Response to "Ide Belajar Bisnis Online Untuk Pemula"

Posting Komentar