Cara Pindah Meteran Listrik Pulsa

Cara Pindah Meteran Listrik Pulsa - Semua orang tahu bahwa meteran listrik diperlukan di gedung mana pun baik itu gedung perkantoran perumahan atau lainnya. Umumnya meteran listrik dipasang di bagian depan rumah atau di titik tertentu di dalam gedung.

Meteran listrik atau kilowatt-jam adalah perangkat aktual yang digunakan untuk mengukur listrik yang digunakan di rumah atau industri. Tentu saja meteran dipasang di depan rumah untuk diperiksa warga atau petugas PLN.

Meski demikian masih cukup banyak orang yang berencana memindahkan meteran karena berbagai alasan. Salah satu alasan pemilik rumah sering menggunakannya adalah saat ingin merenovasi sebuah bangunan baik kecil maupun besar.

Jadi jika Anda berencana untuk memindahkan meteran di sekitar rumah Anda ada baiknya untuk mengetahui seperti apa proses aplikasinya terlebih dahulu. Maka kali ini Digital Pulsa akan menjelaskan secara detail proses transfer meteran syarat dan biayanya.


Cara Pindah Meteran Listrik Pulsa


Syarat Pindah Meteran Listrik Pulsa

Sebelum melangkah lebih jauh tentang cara memindahkan meteran Anda ada beberapa syarat dan ketentuan yang perlu Anda pahami terlebih dahulu. Perhatikan bahwa lokasi meteran harus berada di lokasi yang terbuka dan aman agar permohonan meteran bergerak dapat disetujui.

Meteran listrik harus ditempatkan di gedung atau petak yang sama. Jika loket dipindahkan dari Gedung 1 ke Gedung 2 SPJBTL tidak diperbolehkan karena terhubung dengan Gedung 1.

Selain itu masih banyak persyaratan lain seperti dokumen pribadi yang harus diserahkan oleh pemohon. Syarat pemindahan meteran listrik PLN adalah sebagai berikut.

  • Nomor ID pelanggan meteran listrik 
  • Nomor ID pemilik gedung (sesuai KTP) 
  • Alamat gedung 
  • Nomor telepon yang aktif dan dapat dihubungi 
  • Surat permintaan penggantian meteran listrik 
  • Lampirkan surat kuasa jika permintaan penggantian meteran listrik disetujui. 
  • Anda tidak memiliki saldo terutang pada tagihan bulanan sebelumnya (khusus pelanggan prabayar).


Cara Pindah Meteran Listrik Pulsa

Secara umum proses pemindahan meteran listrik sama dengan mengubah meteran listrik menjadi token. Pasalnya pemohon terlebih dahulu harus mendaftar atau mendaftar secara online dengan menghubungi customer service PLN.

Proses penggantian meteran listrik berdasarkan informasi dari PLN hanya dapat dilakukan oleh pejabat yang ditunjuk secara resmi oleh PLN. Daripada penasaran simak baik-baik proses pemindahan meteran listrik ke token di bawah ini.


1. Hubungi Customer Service PLN 

Hubungi terlebih dahulu Customer Service PLN dengan menghubungi 123. Harap tunjukkan semua keinginan dan tujuan aplikasi Anda untuk mengganti meteran listrik di rumah.


2. Pendaftaran Perpindahan Meteran

PLN kemudian meminta nomor ID meteran pelanggan nomor identifikasi lokasi gedung dan nomor handphone pemohon. Layanan pelanggan kemudian akan memberi Anda nomor registrasi untuk layanan transfer meteran listrik. CS juga akan menginformasikan cabang PLN atau Rayon terdekat yang bertanggung jawab untuk memindahkan meteran listrik tersebut.


3. Survei Lokasi Bangunan 

Kantor distrik terdekat kemudian akan mengunjungi lokasi pemohon untuk melakukan survei area biasanya dalam waktu 2 sampai 3 hari. Pemeriksaan atau peninjauan kondisi bangunan diperlukan untuk menentukan apakah meteran listrik dapat dipindahkan atau tidak. Voucher tersebut berisi rincian perkiraan biaya yang harus dibayar oleh pemohon sehubungan dengan Jasa Pindahan Meter Listrik mulai dari biaya teknisi hingga biaya material pengganti.


4. Persetujuan keputusan pemindahan meteran 

Secara umum keputusan persetujuan pemindahan meteran diilustrasikan kepada pemohon dalam surat tanggapan atas persetujuan penolakan atau permintaan komentar. Jika jawaban PLN adalah ya nilai meteran seluler yang sebenarnya biasanya ditunjukkan dalam surat.


5. Kunjungi PLN terdekat 

Kunjungi PLN terdekat dan jangan lupa lampirkan fotokopi KTP dan bayar biaya penggantian meteran listrik.


6. Prosedur Perpindahan meteran 

Setelah proses pembayaran pindah meteran biaya meteran selesai, pindah meteran listrik pulsa akan segera dilaksanakan dalam waktu 3 sampai 10 hari kerja. Namun proses pemindahan meteran bisa memakan waktu lebih lama jika banyak faktor yang menyulitkan.

0 Response to "Cara Pindah Meteran Listrik Pulsa"

Posting Komentar