Bisnis Kuliner Yang Paling Laris dan Cara Sukses Memulainya

Bisnis kuliner adalah salah satu jenis usaha yang paling menjanjikan. Mengapa? Karena dibutuhkan orang setiap  hari. Usaha kuliner merupakan suatu usaha yang paling banyak dilakoni pengusaha.

Coba anda lihat di sekitar daerah anda. Bisnis apakah yang paling banyak? Pastinya bisnis dalam bidang kuliner seperti restoran Padang, Masakan Sunda, usaha seblak, usaha bakso, usaha cuanki keliling, usaha kue, usaha gerai minuman dan lain-lain.

Sebagai bisnis yang menjanjikan, ternyata usaha ini bisa dikerjakan dengan modal kecil. Misalkan usaha donat seribuan yang bisa dimulai dengan modal awal sebesar Rp 50.000. Dengan membeli bahan-bahan yang sudah tersedia di pasaran seperti ragi, tepung terigu, telur ayam, kentang, mentega dan lain sebagainya. Anda pun bisa membuka usaha roti bakar dan martabak mini dengan modal minim.

Bisnis Kuliner Yang Paling Laris dan Cara Sukses Memulainya


Kelebihan Usaha Kuliner

Adapun yang menjadi kelebihan bisnis kuliner, antara lain:

  1. Perputaran uang cepat
  2. Keuntungan besar
  3. Dibutuhkan setiap hari oleh manusìa
  4. Modal keciĺ


Kelemahan Bisnis Kuliner

Berikut ini kelemahan bisnis kuliner, antara lain:


1.Trend sesaat

Bisnis kuliner anak muda mengalami perubahan permintaan. Suatu hari mengalami tren. Dan beberapa lama kemudian, tren kuliner itu hilang sehingga sepi konsumen. Misalkan dulu sedang populer Thai Tea maka sekarang tidak sepopuler dahulu.


2. Bosan

Jika anda menawarkan kuliner tertentu yang baru pada masyarakat maka beberapa hari anda akan merasakan masa laris manis. Namun kemudian masyarakat akan mengalami kebosanan dengan produk yang ada. Sehingga sebagai pengusaha kuliner harus mampu mengantisipasi kebosanan konsumen terhadap produk anda. Seperti dengan melakukan inovasi rasa.


3. Tak awet

Yang namanya makanan dan minuman kebanyakan tak awet kecuali memakai pengawet. Sehingga harus terjual habis dalam waktu dekat. Seperti usaha berjualan gorengan, donat seribuan dll. Yang membuat usaha kuliner memiliki risiko kerugian besar jika produknya tak habis dalam waktu singkat.


Cara  Sukses Memulai Usaha Kuliner

Berikut ini tips dan cara sukses memulai bisnis kuliner dari nol, antara lain:


1. Inovasi rasa

Anda yang memutuskan untuk bisnis kuliner bisa membuat inovasi rasa pada produknya. Misalkan anda bisnis roti, donat, es krim atau minuman ringan. Anda bisa memberikan variasi rasa seperti rasa taro, keju, stroberi, cokelat, vanila, melon, capucino, nangka, durian, alpukat, leci, susu, bubble gum, sirsak, markisa dan lain sebagainya.

Inovasi rasa harus dilakukan setiap hari. Sehingga kuliner anda tetap unik dan diminati masyarakat secara terus menerus. Hal ini diperlukan untuk mengatasi kebosanan konsumen. Seringkai gerai usaha minuman atau makanan sepi pembeli dikarenakan konsumen merasa bosan dengan produk makanan dan minuman yang rasa itu-itu saja.


2. Enak

Yang namanya bisnis kuliner kekinian pastinya harus memperhatikan kualitas rasa. Rasa kuliner yang lebih enak dari kompetitor akan mempermudah bisnis kuliner anda laris manis dan berkembang lebih maju secara cepat. Oleh karena itu, sebelum memulai menekuni usaha kuliner pastikan anda mempunyai resep pembuatan kuliner yang enak dan lezat.

Hal ini pernah penulis alami ketika berjualan es krim aneka rasa. Ternyata rasa es krim tidak enak. Yang membuat konsumen dan agen kapok membeli es krim yang dibuat penulis. Pendek kata, sebelum memasarkan bisnis kuliner pastikan kualitas rasa sangat enak dan lezat. Mengingat persaingan bisnis kuliner sangat tinggi.

Untuk mencari resep kuliner yang enak maka anda bisa mencarinya di media sosial youtube atau google. Kemudian melakukan uji coba sampai diperoleh resep yang benar-benar enak dan disukai semua orang. Berikan kuliner buatan anda pada tetangga atau teman. Lalu mintalah tanggapan mereka. Jika mereka mengatakan enak maka anda sudah memiliki modal berharga berupa resep kuliner yang enak.


3. Lokasi usaha

Lokasi usaha menjadi hal yang menjadi penentu kesuksesan sebuah usaha kuliner. Pastikan lokasi usaha kuliner dapat dijangkau masyarakat luas, dapat dilihat banyak orang dari segala arah, mempunyai lahan parkir yang luas, dll.


Bisnis Kuliner Yang Paling Laris

Namun dalam menekuni bisnis kuliner tidaklah sembarangan. Anda mesti memilih bisnis kuliner yang memberikan penghasilan lebih besar. Sehingga kerja keras anda dalam berbisnis tidak sia-sia setiap hari. Anda dapat menekuni usaha kuliner yang laris manis. Lalu jenis bisnis kuliner yang paling laris apa saja?


Berikut ini contoh bisnis kuliner yang paling laris, antara lain :


1. Martabak Manis Dan Martabak telur

Anda pastinya sudah mengenal dengan kuliner martabak manis dan martabak telur. Ternyata usaha ini mengalami masa laris manis setiap hari. Tak aneh jika beberapa orang membuka usaha martabak manis dan martabak telur walaupun tingkat persaingan sangat tinggi. Pada satu wilayah bisa terdapat dua atau tiga gerai usaha martabak manis dan martabak telur.

Keuntungan usaha martabak manis dan telur adalah pangsa pasarnya yang sangat luas dan besar. Semua kalangan menyukai kuliner ini. Dari anak-anak sampai orang dewasa. Rasa martabak manis berbagai macam rasa seperti rasa keju, Moca, stroberi, susu, pisang, ketan, kacang hijau, dan lain sebagainya. Untuk martabak telur hanya mempunyai satu rasa.

Harga martabak manis bervariasi disesuaikan dengan tingkat daya beli masyarakat setempat. Di perkotaan, harga martabak manis sebesar Rp 17 ribu. Sedangkan di daerah pedesaan, harga martabak manis bisa mencapai Rp 10 ribu. Adapun harga martabak telur lebih mahal dari harga martabak manis. Harga martabak telur bisa mencapai Rp 25 ribu.


2. Donat Seribuan

Donat seribuan terbukti sebagai makanan yang paling laris. Kuliner ini berada di urutan pertama setelah makanan pizza dan hotdog. Dalam waktu beberapa jam, makanan ringan donat seribuan langsung habis. Anda bisa mencoba buat usaha donat seribuan karena perputaran uang cepat dan mudah laku.


3. Pisang coklat atau piscok

Jenis usaha kuliner yang paling laris lainnya adalah usaha jualan pisang coklat disingkat piscok. Para penggemar piscok sangat besar terutama kalangan para pelajar SD, SMP dan SMA. Cara pembuatan piscok sangat mudah. Anda bisa mencari resepnya di youtube atau Google.

Bahan dasar pembuatan pisang coklat adalah pisang dan coklat. Potong tipis-tipis pisang. Kemudian berikan taburan coklat. Kemudian masukkan pada kulit lumpia. Selanjutnya, goreng hingga matang atau berwarna kecoklatan. Hidangkan atau kemas dengan kemasan menarik dari bahan kertas karton unik dan menarik.

Harga pisang coklat sangat bervariasi. Untuk kalangan anak SD, anda bisa menjual piscok sebesar Rp 1000. Sedangkan pada masyarakat umum atau pelajar SMP dan SMA , harga piscok bisa dijual seharga Rp 2000 per buah. Rasa piscok yang manis dan meleleh coklatnya di mulut akan membuat setiap penikmatnya ketagihan.

Untuk menambahkan rasa maka anda bisa memberikan variasi rasa piscok keju, stroberi, kacang, melon, vanila dan lain-lain. Anda bisa membuka usaha piscok secara kaki lima maupun mangkal di depan sekolah.


4. Jajanan pasar

Usaha jajanan pasar menjadi sebuah bisnis kuliner yang paling laris. Di sudut perkotaan, anda sangat mudah menemukan usaha jajanan pasar yang dipenuhi para pembeli. Adapun makanan jajanan pasar yang dijualnya beraneka ragam seperti kue lapis, serabi, lumpia, lemper, kue klepon, pukis, kue lapis dan lain-lain. Kekurangan usaha ini adalah mudah basi karena bisnis makanan.

Anda bisa memproduksi kue jajanan pasar. Kemudian memasarkannya dengan cara menjualnya di lokasi strategis. Semisal pinggir jalan yang ramai lalu lintas manusia atau dekat kerumunan orang seperti pasar. Anda juga dapat memasarkan jajanan pasar dengan menitipkannya di sejumlah warung tradisional terdekat.

Itulah bisnis kuliner rumahan yang paling laris dan cara sukses memulainya. Anda bisa mempertimbangkan empat usaha di atas untuk anda jalani dalam rangka menambah penghasilan. Semoga bermanfaat.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

CARA DAFTAR

SILAKAN KETIK
DIGITAL#NAMA#KOTA

CONTOH:
DIGITAL#KIOS PULSA#BANDUNG

Kіrіm SMS / WHATSAPP kе CENTER Kami Dі bаwаh Inі

SMS Center

WhatsApp Center

Catatan: Jika Center lаіn tіdаk rеѕроn, silakan ulangi trаnѕаkѕі Andа dan kirim Kеmbаlі kе SMS CENTER yang lain.

Ketik: CENTER

Lewat SMS/WA Lalu kіrіm kе ѕаlа ѕаtu Nоmоr ѕmѕ сеntеr kami dі аtаѕ untuk mеngеtаhuі Nоmоr SMS CENTER уаng aktif.

Telegram Center

REKENING DEPOSIT

Deposit Open Setiap Hаrі Mulаі Pukul 06.00 - 22.00 WIB

BCA
125-0050-015

A/N :
CV. DIGITAL PAYMENT ONLINE

BNI
125-0050-015

A/N : TRI CHRISTIYADI

MANDIRI
171-000-6109-006

A/N : TRI CHRISTIYADI

BANK BRI
004-901-001-072-567

A/N :
CV. DIGITAL PAYMENT ONLINE