Berapa Biaya Pemindahan Meteran Listrik? Ini Persyaratan dan Prosedurnya

Jika Anda ingin membangun rumah baru, instalasi listrik-nya harus diperhatikan. Termasuk pemasangan meteran listrik atau kWh harus ditempat yang ideal. Ini demi Anda tidak bertanya berapa biaya pemindahan meteran listrik. Jadi, usahakan sekali dipasang, maka meteran tidak akan dipindahkan ke tempat yang lain. 

Akan tetapi, Anda harus tahu berapa biaya untuk pemindahan meteran listrik. Karena ini berguna ketika nanti Anda ingin merenovasi rumah. Tidak boleh tidak, jika bentuk rumah tidak sama dengan yang lama, maka otomatis meteran harus dipindah. Nah, untuk biaya pemindahannya silakan baca ulasan artikel ini sampai tuntas:

Biaya Pemindahan Meteran Listrik - Digital Pulsa

Pengertian Meteran Listrik

Bisa dikatakan meteran listrik merupakan alat pengukur daya dan pemakaian listrik. Setiap pelanggan pasti memiliki perangkat yang disebut kWh tersebut. Sedangkan meteran sendiri dikeluarkan oleh PLN dan diberikan kepada seluruh pelanggan. Dari alat ini, pelanggan bisa mengetahui pemakaian listrik harian.  

Pada umumnya meteran listrik dipasang di setiap rumah pelanggan. Sedangkan lokasi yang umum, meteran dipasang tepat di area depan rumah. Namun, pelanggan bisa meminta kepada PLN terkait lokasi pemasangan yang diinginkan. Kalau ingin memilih opsi kedua, silakan pilih lokasi yang benar-benar ideal. 


Prosedur Pemindahan Meteran Listrik

Ada beberapa prosedur pemindahan meteran listrik atau kWh. Pelanggan harus mematuhi prosedur ini supaya proses pemindahan berjalan dengan baik. Ini prosedur selengkapnya:


1. Mempersiapkan Berkas Persyaratan Pemindahan

Untuk memindahkan meteran listrik, tidak cukup mengetahui berapa biaya pemindahannya saja. Tetapi, pelanggan juga harus memahami persyaratan apa yang harus dilengkapi di awal. Ini dia persyaratan pemindahan listrik yang dimaksud.

  • Nomor ID Pelanggan
  • Nama dan nomor identitas sesuai KTP
  • Alamat lokasi pemindahan
  • Nomor telepon pelanggan yang aktif.


2. Mendatangi PLN

Anda tidak harus mengurus pemindahan meteran listrik sendiri. Melainkan bisa meminta bantuan orang lain dengan menunjukkan bukti surat kuasa. Kalau semua syarat di atas sudah lengkap, maka segera datangi PLN untuk melaporkan hasrat pemindahan. 


3. Menunggu Pihak Surveyor

Kalau PLN sudah menerima laporan untuk memindahkan meteran, maka pihak PLN akan segera merespon-nya. Pihak PLN akan berkunjung ke rumah Anda untuk melakukan survey terlebih dahulu. Termasuk berkonsultasi terkait lokasi pemasangan yang baru. 


4. Meteran Mulai Dipindahkan

Prosedur yang terakhir ialah meteran listrik mulai dipindahkan. Maksudnya dipindah ke lokasi berbeda tetapi tetap di bangunan yang sama. Jika Anda ingin memindahkan ke rumah baru, maka harus melakukan pemasangan meteran yang juga baru. Jangan lupa, ketika sudah dipindah, maka biaya harus segara dibayar. 


Biaya Pindah Meteran Listrik

Pihak PLN tidak serta merta menentukan biaya pemindahan meteran listrik. Melainkan akan melihat laporan dari surveyor terlebih dahulu. Dari laporan ini bisa ditemukan berapa biaya yang harus pelanggan bayarkan. 

Pada umumnya biaya pemindahan meteran listrik sebesar Rp400.000. Sedangkan biaya maksimal adalah Rp600.000. Ini masih biaya kotor, karena masih ada beban  PPN sebesar 10%. Kalau Anda sudah tahu biayanya segera bayarkan di PLN atau di Bank. 

Berapa biaya pemindahan meteran listrik? Jawabannya ada di atas. Jangan lupa, ketika meteran atau kWh sudah dipindah, segera isi meteran tersebut dengan token. Nah, jika Anda berminat berjualan token listrik, segera daftar sebagai master dealer Digital Pulsa. Selain bisa mengisi token listrik sendiri kapan saja dengan harga lebih murah, bisnis Anda ini juga dapat membantu warga sekitar dan keluarga serta kerabat yang ingin membeli token listrik. 

0 Response to "Berapa Biaya Pemindahan Meteran Listrik? Ini Persyaratan dan Prosedurnya"

Posting Komentar