Salah Memasukkan Nomor Token Listrik Pra Bayar di Rumah? Berikut Solusinya

Drama rumah tangga sering kali terjadi tanpa bisa diprediksi. Kadang lupa meletakkan kunci motor atau mobil, menyimpan barang tidak pada tempatnya, atau kesalahan kecil lain bisa menjadi penyebab konflik. Termasuk perkara pulsa, bagaimana jika salah memasukkan nomor token listrik sehingga lampu tidak bisa menyala?

Pelanggan listrik pra bayar tentu tahu bahwa untuk dapat menikmati layanan listrik harus membeli pulsa dan mengisi token di meteran terlebih dahulu. Tanpa stok pulsa tersebut, alat elektronik apa pun di dalam rumah tidak akan berfungsi. Oleh karena itu sebelum benar-benar habis, sebaiknya lakukan isi ulang pulsa dan hindari kesalahan teknis saat memasukkannya.

Digital Pulsa, bagaimana jika salah memasukkan nomor token listrik

Solusi Jika Terlanjur Salah Memasukkan Nomor Token Listrik

Token listrik memiliki 20 digit angka yang biasanya dipisahkan penulisannya menggunakan spasi saat membeli. Setiap angka tersebut harus dimasukkan dengan urutan yang benar agar pulsa terdeteksi oleh sistem dan dapat digunakan. Masalahnya adalah ketika penjual tidak sengaja menuliskan angka yang salah atau Anda kurang teliti membaca saat mengisi.

Lalu bagaimana jika salah memasukkan nomor token listrik ke meteran? Apa yang bisa dilakukan agar tidak diblokir oleh PLN? Sistem listrik pra bayar sebenarnya memberi kesempatan kepada pelanggan untuk mengulang nomor yang salah sebanyak 3 kali. Jika Anda menyadari kesalahan kemudian mengulang 3 kali belum berhasil, maka akan diblokir sistem.

Oleh karena itu ketika pertama kali memasukkan namun gagal, Anda bisa mengulang kembali dengan hati-hati. Pada kesempatan kedua ini Anda bisa memperhatikan apakah semua nomor sudah dimasukkan dengan benar tanpa tanda spasi? Jika semua angka tersebut pasti benar namun dianggap gagal maka cek kembali apakah penjual sudah memberi nomor yang benar.

Jangan tunggu 3 kali salah baru Anda mencurigai bahwa kesalahan penulisan angka dilakukan oleh penjual. Kesalahan ini mungkin bisa diminimalisir dengan cara Anda membeli pulsa di agen sehingga nomor token dikirim ke gawai langsung. Atau belilah pulsa melalui aplikasi agar tidak perlu bingung bagaimana jika salah memasukkan nomor token listrik.

 Akan tetapi, drama semacam ini tetap saja bisa terjadi ketika Anda kurang teliti dalam membeli dan mengisi pulsa listrik. Setelah 3 kali melakukan kesalahan input angka token, meteran listrik Anda akan terblokir sementara sehingga tidak bisa diisi ulang. Tenang, selalu ada solusi yang bisa diusahakan agar listrik di rumah Anda bisa kembali normal, berikut di antaranya:


1. Hubungi call center PLN

Anda bisa menghubungi layanan PLN 24 jam di nomor 123. Selanjutnya sampaikan keluhan Anda sesuai format yang mereka berikan dan tunggu respons atau instruksi untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Kekurangannya adalah, Anda harus memiliki cukup pulsa telepon untuk menghubungi mereka.


2. Chat Media Sosial

Solusi lain untuk mengatasi bagaimana jika salah memasukkan nomor token listrik adalah dengan menghubungi media sosial PLN baik Twitter atau Instagram. Anda akan diminta menyebutkan nomor rekening dan data pribadi lain sesuai format laporan. Cara ini efektif selama Anda memiliki kuota atau bisa mengakses internet. 


3. Datangi Kantor PLN

Cara lain yang efektif mengatasi kesalahan input adalah dengan mendatangi kantor layanan PLN. Petugas akan membantu Anda me-reset sistem sehingga nomor token yang benar bisa dimasukkan kembali. 

Beberapa solusi mengenai bagaimana jika salah memasukkan nomor token listrik di atas dapat Anda coba dan semoga berhasil. Jika tidak, Anda bisa mendaftar sebagai agen Digital Pulsa agar bisa mengisi pulsa sendiri sewaktu-waktu, sekaligus menjadikannya sumber bisnis baru.

0 Response to "Salah Memasukkan Nomor Token Listrik Pra Bayar di Rumah? Berikut Solusinya"

Posting Komentar