5 Cara Memperbaiki Kartu microSD Tidak Terbaca

Metode Gampang Perbaiki MicroSD yang Rusak

Digital Pulsa, 5 Cara Memperbaiki Kartu microSD Tidak Terbaca - Banyak orang yang belum mengetahui cara memperbaiki microSD yang rusak. Karena ketika masalah itu dibahas, mayoritas orang khawatir terlebih dahulu. Sementara itu, Anda tidak perlu khawatir tentang informasi yang disimpan. Hanya perlu beberapa langkah untuk mengembalikan informasi.

Anda juga tidak serta merta harus mengganti kartu microSD yang rusak dengan produk baru. Siapa tahu, dengan menerapkan beberapa cara mudah, Anda tidak perlu membeli yang baru.

Lalu bagaimana cara memperbaiki microSD yang rusak? Untuk menanggapi masalah ini, ikuti beberapa langkah berdasarkan ini.

5 Cara Memperbaiki Kartu microSD Tidak Terbaca


Pemicu microSD rusak atau tidak dapat dibaca

Sebelum Anda mengira microSD yang Anda gunakan rusak, mungkin ada beberapa hal yang bisa Anda pelajari terlebih dahulu. Karena pada dasarnya ketika microSD tidak terbaca dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti:


1. microSD yang Anda pilih tidak bagus

Mayoritas orang memilah barang dengan harga murah. Sedangkan untuk microSD yang perlu Anda ingat, ada hal yang memiliki harga. Oleh karena itu, jangan membeli kartu memori dengan harga murah, karena belum tentu kualitasnya bagus.


2. Melakukan transfer dengan tidak benar

Pada dasarnya hampir semua orang melakukan transfer informasi microSD secara tidak benar. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah matikan gadget terlebih dahulu sebelum mengeluarkan kartu memori. Jangan dipindah saja atau gadget masih menyala.


3. Diserang oleh radiasi magnet

Beberapa microSD memiliki kepekaan terhadap magnet. Lakukan itu, jika memungkinkan jauhkan dari penyimpanan microSD di sebelah magnet. Padahal, jika Anda membiarkan kartu memori ditutup dengan menggunakannya, biarkan saja nyaman.


4. Terkena minyak atau barang kotor lainnya

Ya, jangan pegang microSD saat tangan Anda berminyak atau kotor. Karena bisa membuat kartu memori tidak terbaca di gadget. Apalagi saat Anda memegang microSD pada susunan tembaga atau susunan kuning. Dapat ditentukan setelah itu kartu memori sulit dibaca oleh gadget,


5. Durasi kerja yang panjang

MicroSD juga memiliki usia. Karena itu, pastikan kartu memori Anda tidak terlalu tua. Karena jika sudah dipakai bertahun-tahun, performanya akan turun. Di saat performa microSD terus menurun, saatnya membeli microSD baru.


5 Cara Memperbaiki Kartu microSD yang Tidak Dapat Dibaca

Setelah Anda mengetahui pemicu microSD apa yang rusak atau tidak dapat dibaca oleh staf Anda, sekaranglah saatnya untuk mengidentifikasi cara memperbaikinya. Untuk itu langsung saja simak pembahasan 5 Cara Memperbaiki Kartu microSD yang Tidak Terbaca di bawah ini.


1. Coba gunakan microSD pada fitur lain

Misalkan microSD yang Anda gunakan tidak terdapat pada gadget yang Anda gunakan. Jangan bodoh. Tidak yakin apakah microSD Anda rusak. Coba masukkan microSD ke fitur lain. Jika benar-benar berfungsi dengan baik, itu berarti ada yang salah dengan ponsel Anda.


Jika memang tidak berhasil, mungkin microSD yang Anda gunakan kotor. Untuk membersihkannya, Anda dapat merujuk ke langkah-langkah dalam diskusi lain di pangkalan ini.


2. Bilas microSD, siapa tahu kotor saja

Ya, sebelum Anda memutuskan bahwa microSD yang Anda gunakan akan rusak, pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu. Karena bisa jadi memory cardnya saja yang kotor, sehingga tidak bisa ditemukan oleh gadget yang kamu gunakan.

Nah, Anda bisa mensterilkan microSD ini dengan cara berikut ini:

  • Siapkan penghapus pensil.
  • Jika ada penghapus, bisa dioleskan di microSD. Tepatnya di bagian tersebut terdapat susunan tembaga.
  • Setelah selesai, silakan masukkan kembali kartu memori di telepon Anda. Kalau bisa berarti microSD cuma kotor. Jika tidak, Anda dapat menjelajahi poin berikutnya.


3. Cek kesehatan microSD di pc/laptop

Jika ternyata microSD yang Anda bilas masih belum tersedia, silakan nyalakan laptop atau pc untuk melakukan pengecekan. Caranya adalah dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Hubungkan microSD ke pc dengan pembaca kartu atau adaptor.
  • Setelah itu Anda dapat membuka Windows Explorer dan mengamati apakah kartu memori dimasukkan ke dalam sistem. Jika demikian, klik kanan pada kartu.
  • Setelah itu Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan. Pilihan Properties kemudian klik Tools dan kemudian pilihan Error Checking.
  • Kemudian Scan dan tunggu sampai selesai.
  • Setelah melakukan Scan, Anda dapat melakukan pengecekan kembali dengan mencobanya pada gadget yang ingin Anda gunakan.

Jika Anda bisa, masalah Anda berakhir microSD bisa diperbaiki.

Jika Anda tidak bisa, lihat saja petunjuk di deskripsi berikutnya.


4. Gunakan aplikasi untuk memperbaiki microSD yang rusak

Jika Anda belum berhasil memperbaiki microSD Anda, yakinlah masih ada jalan menuju Roma. Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan aplikasi untuk mengembalikan informasi yang tersimpan di kartu memori.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah EaseUS bagi yang mengisi daya ponsel Android. Caranya sangat mudah tinggal download setelah menginstal aplikasi. Setelah itu kamu tinggal Scan lalu lakukan Recover. Voila informasi Anda berhasil disimpan.

Jika Anda menggunakan laptop atau PC untuk memperbaiki microSD yang rusak, Anda dapat menginstal Alat Pemulihan Kartu MicroSD. Aplikasi ini dapat digunakan untuk PC/laptop dengan sistem operasi Windows atau Macintosh. Caranya adalah dengan menginstal, memindai, dan memulihkan.


5. Format ulang microSD yang Anda miliki

Jika keempat cara di atas juga tidak berhasil, salah satu solusi terakhir yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki microSD adalah dengan menerapkan format. Namun, dengan menerapkan format tersebut, Anda harus merelakan semua informasi yang terdapat di dalamnya. Alasan sudah tidak bisa diselamatkan lagi.

Anda dapat menerapkan format microSD dengan 2 metode, yaitu menggunakan ponsel atau laptop/pc. Jika ingin memformat kartu memori dengan smartphone Android, pastikan terlebih dahulu microSD dimasukkan ke dalam gadget dengan benar.

  • Setelah itu, Anda bisa langsung mengimplementasikan format tersebut tanpa perlu aplikasi lain. Caranya sangat mudah, simak saja petunjuknya berikut ini.
  • Pilih menu Setting dan cari Storage.
  • Setelah itu pilih menu dengan nama Portable Storage atau Portable Storage.
  • Kemudian kamu pilih Storage Setting atau Storage Setting, lalu pilih Format, dan pilih Erase dan Format atau Hapus dan Format ..
  • Setelah selesai, periksa kembali apakah microSD Anda dapat digunakan kembali atau tidak.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan PC untuk menerapkan format microSD, berikut langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.

  • Masukkan microSD ke Card Reader atau adaptor.
  • Pilihan Windows Explorer. serta klik kanan pada kartu memori
  • Setelah itu, pilih Format pada menu dan tunggu sampai selesai.
  • Setelah itu silakan coba akses microSD. Jika berhasil berarti kartu memori telah diperbaiki. Jika tidak, Anda perlu membeli microSD baru.

Dengan 5 Cara Memperbaiki Kartu microSD yang Tidak Terbaca di atas, semoga Anda dapat memperbaiki kartu memori Anda. Karena microSD tidak perlu diganti, kecuali sudah tua. Jadi, periksa dulu apakah microSD Anda rusak atau tidak.

Bagaimana? Jika berhasil, silakan beri komentar dan bagikan artikel ini jika Anda berhasil memperbaiki kartu microSD yang tidak terbaca.

0 Response to "5 Cara Memperbaiki Kartu microSD Tidak Terbaca"

Posting Komentar