Cara Menentukan Harga Jual Rumah

Menentukan harga jual rumah bisa menjadi pekerjaan yang gampang-gampang susah. Sebenarnya semua orang bisa saja menawarkan sebuah harga, namun Anda tidak tahu apakah harga tersebut sesuai dengan rumah Anda.

Cara Menentukan Harga Jual Rumah

Oleh karena itu ada baiknya Anda meminta tolong pada ahlinya untuk menentukan harga jual rumah Anda. Namun apabila Anda memiliki budget yang terbatas, maka Anda bisa menentukan sendiri harganya. Akan tetapi ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan ketika ingin menjual sebuah rumah.

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi harga jual rumah adalah lokasi dari rumah Anda. Lokasi sangat menentukan harga jual tanah atau pun rumah Anda. Jika rumah Anda terletak di dalam perumahan maka harganya akan sangat mahal/ lebih mahal jika dibandingkan dengan rumah yang terletak di pinggir kota.

Rumah yang terletak di pusat kota/jalanan yang ramai juga biasanya akan mahal karena berpotensi untuk digunakan sebagai tempat usaha. Untuk mengetahui harga pasaran di daerah Anda, maka cobalah berkeliling dan cari tahu harga rumah yang dijual di sekitar sana. Paling tidak Anda bisa mendapatkan gambaran harga untuk rumah Anda. Jika di dekat perumahan Anda tidak ada pembanding, maka cobalah radius yang lebih luas lagi, yang penting Anda bisa mendapatkan harga pembanding.

Apabila Anda sudah mendapatkan harga pembanding, maka sesuaikan dengan kondisi rumah yang akan Anda jual. Beberapa hal yang bisa Anda bandingkan adalah luas tanah & bangunan, legalitas, karakteristik rumah hingga usia bangunan.

Jika pembanding Anda tadinya tanah & bangunannya lebih luas, maka Anda tentunya tidak bisa memasang harga yang terlalu tinggi karena hal ini akan menyebabkan rumah Anda tidak dilirik.

Jadi pastikan Anda menyesuaikan harga jual rumah Anda dengan kondisi, lingkungan rumah Anda. Sedangkan jika secara keseluruhan rumah yang akan Anda jual ternyata lebih bagus dari segala aspek, maka jual lah dengan harga yang lebih tinggi.

Setelah Anda menentukan harga jual rumah Anda, maka cobalah untuk memasarkan rumah Anda. Biasanya proses jual beli rumah tidak akan berlangsung cepat karena pasti terjadi tawar menawar dari kedua belah pihak. Biasanya pembeli akan menawar harga dari yang Anda tawarkan dan proses inilah yang membutuhkan waktu yang agak lama.

Jika setelah beberapa bulan masih belum laku juga, maka ada baiknya Anda memperbaiki lagi harga jual rumah Anda. Anda harus mengevaluasi harga yang ditawarkan, baik terlalu murah atau terlalu mahal.

Dalam menentukan harga jual rumah, Anda juga paling tidak harus menawarkan harga rumah dengan harga 20% di atas harga normal sehingga Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan. Jadi menjual sebuah rumah memang bukan hal yang mudah, namun membutuhkan kesabaran yang besar.