Cara Memperbaiki Komputer No Signal

Cara memperbaiki komputer yang "No signal" alias tidak ada signal yang di terima layar monitor. Oleh karena itu di layar monitor saat di nyalakan hanya tampil tulisan "No signal" sedangkan CPU menyala. Ini di sebabkan beberapa faktor yang ringan dan mudah di perbaiki seperti pemasangan kabel yang kurang pas atau juga di sebabkan kerusakan pada komponen hardware seperti prosessor, Hardisk, RAM, Mainboard, atau VGA kemungkinan besar karena tampilan monitor berhubungan langsung dengan kartu grafis ini.

Cara Memperbaiki Komputer No Signal

Kalau saat di nyalakan tapi CPU tidak nyala sama sekali, yang pertama dan paling utama serta di utamakan yang perlu anda lakukan adalah jangan dulu memvonis ada kerusakan pada komputer. Tapi yang pertama anda lakukan adalah menyalakan/melihat lampu atau melihat lampu kecil di terminal yang anda pakai, kalo ada, nyala apa nggak? karena jangan-jangan lagi mati lampu terus nyalain komputer, ya gak nyala son. Orang gak ada aliran listrik, tv juga kagak bakalan nyala. Betul????? Betul!

Apa ada yang jawab tidak betul, silahkan beri alasan :v.

Baca Juga : Alasan Mengapa Gagal Mengisi Token dan Cara Refund Token Listrik

Selanjutnya bisa di cek kabel power yang terhubung dengan CPU apakah terhubung dengan sempurna. Masih tetap tidak nyala, cek sambungan kabel tombol untuk menyalakan CPU (tombol power). Power supply juga perlu di perhatikan, karena bisa juga kerusakan terdapat pada power suply sebab sudah lama di gunakan dan umurnya sudah tua atau power supply yang abal-abal. Sebaiknya agan menggunakan power supply yang bagus yang pure, agan bisa beli di toko sparepart komputer terdekat.

Nah, bagaimana kalau saat CPU di nyalakan menyala, fan prosessor berputar normal, fan psu juga normal, tapi tampilan di layar monitor hanya ada tulisan "No signal". Ini berarti tidak ada gelombang signal yang di terima monitor. Cara mengatasinya periksa  kabel VGA masih utuh atau ada bekas di makan tikus, ini kalo rumah agan banyak tikus  yang kelaparan. Cabut kabel VGA di CPU dan monitor dan pasangkan kembali dengan benar dan yakin sudah benar. Jika soket VGA lebih dari satu bisa di coba soket yang lain.

Masih juga belum menyala. Jika agan pakai kartu VGA eksternal, coba dulu pakai VGA  onboard. Pindahkan kabel VGA eksternal ke VGA onboard. Kalo sudah menyala ya berarti yang rusak VGA nya.

Baca Juga : Mau Buka Kios Pulsa? Perhatikan Dulu Hal-Hal di Bawah Ini!

Cara selanjutnya periksa kabel sambungan hardisk juga Cek kondisi kebersihan pin RAM dengan cara cabut dan bersihkan pin RAMnya menggunakan penghapus kemudian pasangkan kembali. Atau gunakan RAM di komputer lain apakah masih normal. 

Mungkin yang terakhir periksa Prosessor dan mainboardnya. Kerusakan kedua perangkat ini juga menyebabkan tidak adanya signal yang di kirim ke monitor sehingga monitor tidak menyala dan hanya memberitahukan bahwa tidak ada signal.

Itulah beberapa langkah jurus otak-atik yang bisa anda lakukan untuk mengatasi komputer yang bermasalah No signal. Cara memperbaiki komputer yang No signal memang membutuhkan ketelitian dan hati-hati. Apalagi ketika membersihkan RAM atau prosessor. 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

CARA DAFTAR

SILAKAN KETIK
DIGITAL#NAMA#KOTA

CONTOH:
DIGITAL#KIOS PULSA#BANDUNG

Kіrіm SMS / WHATSAPP kе CENTER Kami Dі bаwаh Inі

SMS Center

WhatsApp Center

Catatan: Jika Center lаіn tіdаk rеѕроn, silakan ulangi trаnѕаkѕі Andа dan kirim Kеmbаlі kе SMS CENTER yang lain.

Ketik: CENTER

Lewat SMS/WA Lalu kіrіm kе ѕаlа ѕаtu Nоmоr ѕmѕ сеntеr kami dі аtаѕ untuk mеngеtаhuі Nоmоr SMS CENTER уаng aktif.

Telegram Center

REKENING DEPOSIT

Deposit Open Setiap Hаrі Mulаі Pukul 06.00 - 22.00 WIB

BCA
125-0050-015

A/N :
CV. DIGITAL PAYMENT ONLINE

BNI
125-0050-015

A/N : TRI CHRISTIYADI

MANDIRI
171-000-6109-006

A/N : TRI CHRISTIYADI

BANK BRI
004-901-001-072-567

A/N :
CV. DIGITAL PAYMENT ONLINE