Cara Membayar Tagihan Listrik yang Menunggak

Membayar tagihan adalah kebutuhan saat ini. Dulu orang harus mengantri untuk membayar berbagai tagihan: tagihan listrik air dan telepon. Mobilitas sosial yang meningkat membuat kecepatan dan efisiensi waktu menjadi penting. Waktu kami tidak dihabiskan oleh kegembiraan menunggu dalam antrean untuk membayar tagihan. Oleh karena itu saat ini banyak sekali cara membayar tagihan listrik yang menunggak atau metode yang digunakan untuk membayar berbagai jenis tagihan salah satunya adalah pembayaran tagihan secara elektronik yaitu secara online atau melalui bank.

Cara Membayar Tagihan Listrik yang Menunggak

Berbicara tentang listrik kebutuhan akan listrik semakin hari semakin meningkat. Ini bertepatan dengan pertumbuhan populasi dan pembukaan pemukiman baru. Listrik di Indonesia dikelola oleh PT Perusahan Listrik Negara atau PLN dan didistribusikan ke penduduk Indonesia. Jadi salah satu kewajiban orang Indonesia adalah membayar tagihan listrik. Sebelum mengetahui cara membayar tagihan listrik yang menunggak dengan mudah ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu sistem pembayaran listrik di Indonesia.


Sistem Pembayaran Listrik di Indonesia

Sistem pembayaran tagihan listrik di Indonesia terbagi menjadi dua jenis yaitu prabayar dan pascabayar. Sistem pembayaran tangguhan mungkin lebih familiar bagi sebagian besar masyarakat Indonesia karena tagihan listrik biasanya dibayarkan secara rutin setiap bulan. Namun perkembangan PLN juga menerapkan sistem prabayar atau mengharuskan pengguna memasukkan nomor token terlebih dahulu untuk membeli token energi kemudian menggunakan energi tersebut.


1. Sistem Pascabayar

Cara pembayaran tagihan listrik pascabayar ini dikenal karena awalnya PLN hanya menagih tagihan pascabayar. Pada sistem ini tagihan listrik dibayar pada akhir bulan dengan nominal tagihan berdasarkan pemakaian. Biasanya petugas PLN datang untuk mengecek pemakaian listrik.

Ada beberapa keuntungan dan kerugian membayar listrik dengan sistem pascabayar.

Kelebihan Listrik Pascabayar

  • Tidak Perlu Khawatir Listrik Habis

    Bagi pengguna listrik berbayar tidak perlu khawatir listrik padam atau kehabisan daya karena pemasukan pembayaran dilakukan secara berkala dan tidak ada gangguan dari PLN sendiri. Ini karena pembayaran hanya dilakukan di akhir bulan terlepas dari berapa banyak listrik yang Anda gunakan. Berbeda dengan tagihan listrik prabayar yang harus dibayar setelah listrik digunakan.

    Sistem pembayaran tagihan listrik pascabayar ini sangat cocok untuk pengguna yang menggunakan banyak daya untuk pekerjaan seperti akses internet dan mesin fotokopi.

  • Tidak Perlu Repot Membeli Token Listrik

    Menggunakan listrik pascabayar berarti Anda tidak perlu khawatir untuk membeli listrik setiap kali menggunakannya. Dengan pascabayar Anda hanya perlu membayar tagihan listrik sebulan sekali.

Kekurangan Listrik Pascabayar

  • Mengontrol penggunaan lebih sulit

    Tagihan listrik pasca bayar hanya dibayar satu kali dalam sebulan berapa  pun perkiraan pemakaian listrik yang digunakan. Tidak ada batas atas konsumsi energi sehingga Anda dapat memprediksi jumlah tagihan di akhir bulan berdasarkan konsumsi energi Anda. Ini berbeda dengan listrik prabayar yang hanya bekerja berdasarkan kilowatt-jam yang dibebankan pada setiap pembelian pulsa. Oleh karena itu jika Anda adalah pelanggan listrik pasca bayar sebaiknya lebih memperhatikan konsumsi listrik bulanan Anda.

  • Jika Menunggak, Listrik Bisa Diputus

    Tagihan listrik pascabayar hanya dibayar sebulan sekali. Listrik dapat digunakan sampai pembayaran dilakukan. Namun jika ditunda melebihi waktu yang diizinkan listrik akan terputus atau terputus secara otomatis.

2. Sistem Prabayar

Meski bukan tergolong baru tagihan listrik prabayar menjadi semakin populer terutama bagi konsumen dalam negeri. Tidak seperti tagihan listrik pascabayar dalam sistem listrik prabayar Anda membayar tagihan listrik pada tanggal jatuh tempo bukan menunggu hingga akhir bulan. Bentuk tagihan listrik ini mirip dengan tagihan pulsa telepon seluler prabayar. Pro dan kontra dari sistem ini adalah:

Kelebihan Listrik Prabayar

  • Pemakaian Listrik Bisa Lebih Terkontrol

    Saat menggunakan listrik prabayar Anda tahu berapa kWh listrik yang Anda miliki dan kapan akan habis. Anda dapat mengukur berapa banyak listrik yang Anda gunakan karena Anda tahu persis jumlah kWh listrik yang Anda gunakan. Ini dapat digunakan untuk mengontrol biaya pembelian pulsa/voucher token listrik.

  • Tidak Perlu Khawatir Pemutusan Listrik

    Dengan listrik prabayar Anda tidak perlu khawatir akan denda keterlambatan atau pemadaman karena Anda membayar tagihan setiap kali listrik habis.

  • Masa Aktif Unlimited

    Ketika Anda memilih untuk membayar tagihan listrik di muka Anda tidak perlu khawatir dengan tanggal kadaluarsa tagihan listrik Anda. Misalnya jika Anda membeli pulsa/voucher/token listrik dengan perkiraan jangka waktu 1 minggu namun sebenarnya harus melakukan perjalanan ke luar kota selama 2 minggu Anda tidak perlu khawatir kehabisan pulsa. Karena pulsa elektrik masih bisa digunakan hingga kWh habis.

  • Pembelian Pulsa Listrik Bisa Disesuaikan

    Sistem ini memungkinkan Anda menyesuaikan tagihan listrik sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda. Juga tidak ada biaya bulanan untuk metode prabayar.

Kekurangan Listrik Prabayar

  • Listrik Bisa Mati Sewaktu-Waktu

    Terlepas dari jaminan penggunaan listrik pascabayar penggunaan listrik prabayar dapat dihentikan kapan saja ketika daya tidak mencukupi. Jadi peringatannya adalah jangan lupa mengisi daya token listrik Anda saat kWh pada meteran kurang dari 10.

Cara Membayar Tagihan Listrik yang Menunggak

Setelah mengetahui sistem pembayaran listrik di Indonesia langkah selanjutnya adalah bagaimana cara membayar tagihan listrik. Ada dua metode pembayaran listrik yang umum digunakan secara offline dan online.

1. Offline

Metode pembayaran offline adalah membayar tagihan listrik melalui layanan PLN. Untuk melakukan ini Anda harus datang ke kantor PLN terdekat dan mengantri panjang yang bisa memakan banyak waktu. Karena itulah cara ini mulai ditinggalkan dan PLN pun melakukan inovasi cara pembayaran online yang dapat dengan mudah dilakukan kapan pun dan di mana pun.

2. Online

Pembayaran tagihan listrik secara online kini menjadi pilihan yang disukai masyarakat. Dengan begitu masyarakat bisa melakukan pembayaran di mana saja tanpa harus antri di kantor PLN. Cara pembayaran tagihan listrik secara online ini dapat dilakukan melalui situs e-commerce ATM di toko atau layanan perbankan yang bekerja sama dengan PLN.

Salah satunya Digital Pulsa menawarkan berbagai fasilitas untuk membayar tagihan listrik kapan pun dan di mana pun melalui aplikasi Digital Pulsa. Digital Pulsa adalah aplikasi jual pulsa murah yang dilengkapi dengan pembayaran tagihan seperti telepon listrik dan e-wallet.

0 Response to "Cara Membayar Tagihan Listrik yang Menunggak"

Posting Komentar